Siapa Bakal Duduk di 6 Kursi DPR RI Dapil Sulut 2024, Ini Prediksinya


SEJUMLAH calon legislatif untuk DPR RI Daerah Pemilihan (Dapil) Sulut kini mulai tebar pesona. Masing-masing Partai sudah mengusung nama-nama calegnya ke KPU.
Mereka ini akan berupaya meyakinkan rakyat pemilih Sulut untuk merebut 6 kursi DPR RI. Persaingan saat ini cukup ketat. Bila melihat peta politik saat ini, kekuatannya merata. Ini terlihat dari figur-figur yang tampil. Kalau dulu dominasi PDIP, Nasdem dan Golkar cukup kuat, kini kekuatan tampak merata. Dalam Pemilu 2019, PDIP meraih 3  kursi, Nasdem 2 kursi, dan Golkar 1 kursi.
Tapi dalam Pemilu 2024 peta politik bisa berubah. Terutama karena pengaruh pemilihan Presiden. Dari hasil analisis kami, setidaknya ada 6 hingga 7 partai yang bisa bersaing ketat merebut 6 kursi tersebut. Yaitu PDIP, Gerindra, Golkar, Demokrat, Nasdem dan 2 partai non parlemen, yaitu PSI dan Perindo. Sementara partai-partai berbasis agama, seperti PKB, PAN, PKS, PPP, PBB meskipun mempunyai peluang yang sama, namun suara pemilihnya terpecah di sejumlah partai berbasis agama tersebut.
Melihat figur-figur yang tampil saat ini, setidaknya ada sekitar 20 nama caleg yang menonjol. Mereka itu adalah Rio Dondokambey (PDIP), Hillary Brigita Lasut (incumbent dari Nasdem, tapi kini bergabung dengan Demokrat), Conny Rumondor (Gerindra), Ronie Sompie (Golkar), Ronny Imanuel Mongol Stres (PSI), Yerry Tawalujan (Perindo), Felly Runtuwene (incumbent/Nasdem), EE Mangindaan (Demokrat), Christiany Tetti Paruntu (Golkar), Vicky Lumentut (Nasdem), Sehan Landjar (PAN), Ramoy Luntungan (Gerindra), Wenny Warouw (Gerindra), Wenny Lumentut (PDIP), James Sumendap (PDIP), Jainudin Damopolii (Hanura), Lexsy Mamonto (PDIP) dan lainnya.
Dari nama-nama ini prediksi kami, untuk 6 kursi yang diperebutkan itu, adalah sebagai berikut:
PDIP (2 kursi)
Gerindra (1 kursi)
Demokrat (1 kursi)
Golkar (1 kursi)
Dan 1 kursi lainnya bisa Nasdem, PSI, Perindo, atau partai lainnya.
(Jeffry Pay)

Berita Terkait

Top