Renungan Harian: Sabtu 13 Januari 2024, Filipi 3:15-16 Tetap Pada Jalan Meraih Hadiah Sorgawi


Filipi 3 : 15-16

Karena itu marilah kita, yang sempurna, berpikir demikian. Dan jikalau lain pikiranmu tentang salah satu hal, hal itu akan dinyatakan Allah juga kepadamu. Tetapi baiklah tingkat pengertian yang telah kita capai kita lanjutkan menurut jalan yang telah kita tempuh.

Dalam satu keluarga yang menjalani kehidupan bersama setiap hari, pasti sering mengalami berbagai hal yang terkadang sama dalam berpikir dan berpendapat namun terkadang juga berbeda. Akan tetapi kendati pun ada perbedaan demi perbedaan, pasti sebagai keluarga yang dewasa akan terus berjalan dan menyatukan langkah dan seirama menuju satu tujuan yaitu tentram, sejahtera dan bahagia dalam kehidupan. Firman Tuhan hari ini Paulus menggambarkan adanya perbedaan-perbedaan. Dan memang dalam ayat sebelumnya Paulus menempatkan dirinya sebagai teladan dalam hal membangun hidup yang terus berjalan menuju satu tujuan yakni memperoleh hadiah sorgawi yang artinya Yesus Kristus harus menjadi pusat kehidupan. Akan tetapi Paulus sangat menyadari bahwa ada di antara Jemaat Filipi yang tidak sependapat dengannya, namun Paulus menginginkan supaya dirinya menjadi teladan dalam ketaatan melayani Yesus Kristus dan mengajak semua anggota jemaat untuk mengikutinya. Perbedaan-perbedaan dalam hal-hal kecil seperti soal makanan dan minuman, karena ada di antara mereka yang terus memaksakan ajaran dan tradisi Yahudi. Tetapi sebagai orang percaya mereka harus tetap pada jalan yang dijalani sejak semula, yaitu berjalan bersama-sama dalam iman untuk meraih hadiah sorgawi dalam Yesus Kristus, walaupun terdapat perbedaan ide dan gagasan. Seperti yang disampaikannya sejak permulaan suratnya kepada Jemaat di Filipi, yaitu “hendaklah kamu sehati sepikir, dalam satu kasih, satu jiwa, satu tujuan, (psl. 2:2).

Dalam kehidupan sebagai orang percaya, kita juga sering mengalami dan menghadapi hal yang sama seperti yang digambarkan dalam firman Tuhan kali ini. Kita sering berbeda pandangan, terutama terhadap berbagai perkembangan ajaran sebagai akibat dari maraknya perkembangan dunia digital. Oleh karena itu, kita dituntun dengan firman Tuhan kali ini yaitu walaupun ada banyak pandangan yang berbeda dalam kehidupan persekutuan kita, namun bersama kita harus berjalan bahkan berlari menuju tujuan yang sama yaitu meraih hadiah sorgawi dalam Yesus Kristus. Amin!

Doa: Ya Yesus Kristus, Tuhan, dalam kehidupan keluarga dan jemaat, ada banyak perbedaan di antara kami. Satukanlah kami dalam kasih-Mu supaya kami dapat berpikir menurut pikiran-Mu supaya kami dapat berlari menuju tujuan yang sama yaitu meraih hadiah sorgawi. Amin. (rhkgmim)

Berita Terkait

Top