Renungan Tahun Baru (II): Selasa 2 Januari 2024 – Jangan Takut, Tuhan Allahmu Menyertai Engkau – Yosua 1:6-9


 Jemaat yang diberkati Tuhan,

Patutlah kita mengucap syukur kepada Tuhan yang Maha Kasih sehingga kita semua sudah berada di tahun yang baru, tahun 2024 ini. Kita telah melewati tahun 2023 dengan begitu banyak pengalaman yang menyenangkan tetapi juga ada pengalaman yang mendukakan hati. Tugas dan kerja pelayanan kita terus berkelanjutan dari waktu ke waktu dalam keyakinan bahwa Tuhanlah yang selalu menyertai kita. Kita mengucap syukur kepada Tuhan, karena Dia yang menuntun kita berada di satu persekutuan yang beribadah kepada-Nya. Kita pasti memiliki kerinduan akan berkat dan pertolongan dari Tuhan. Karena itu tema khotbah kita hari ini adalah “Jangan takut, Tuhan Allahmu menyertai engkau.”

Bacaan Alkitab hari ini Yosua 1:6-9 menceritakan tentang firman Tuhan kepada Yosua yang dipercayakan untuk menggantikan Musa, memimpin bangsa Israel yang sering kali berubah setia kepada Tuhan. Mereka sering tidak taat sebagai bangsa pilihan Allah. Bangsa Israel memang dijanjikan untuk menduduki tanah Kanaan namun bukan berarti mereka terima begitu saja tetapi bangsa Israel harus melewati perjalanan yang panjang dan berliku-liku. Yosua yang mengantikan Musa diingatkan Tuhan supaya tetap kuat dan teguhlah hati untuk memimpin umat Israel masuk ke tanah yang dijanjikan Tuhan kepada nenek moyang mereka.

Ayat 6. Kuatkan dan teguhkanlah hatimu memiliki arti dan maksud yang sangat dalam yaitu supaya Yosua kokoh dan tidak menyimpang dari apa yang diperintahkan Tuhan kepadanya. Umat Israel akan menduduki tanah Kanaan yang sudah dijanjikan dengan bersumpah kepada nenek moyang mereka sejak bapa Abraham. Janji Tuhan tidak pernah diingkari-Nya.

Ayat 7. Yosua harus bertindak dengan cermat dan tidak ceroboh dalam melakukan apa yang diperintahkan Tuhan. Kekuatan dan keteguhan hati untuk menghadapi tantangan harus dimiliki dengan melakukan perintah Tuhan. Juga diingatkan kepada Yosua supaya sungguh-sungguh, bertindaklah hati-hati sesuai dengan seluruh hukum yang telah diperintahkan kepadamu oleh hamba-Ku Musa; janganlah menyimpang ke kanan atau ke kiri,supaya engkau beruntung, ke manapun engkau pergi.

Ayat 8 Yosua diingatkan supaya tidak melupakan ajaran dalam kitab Taurat Musa. Taurat itu harus dibaca dan direnungkan siang dan malam, supaya terjaga untuk memelihara iman kepada Tuhan. Dia juga diingatkan untuk selalu bertindak hati-hati dalam perjalanan menuju ke tanah Kanaan supaya berhasil dan beruntung.

Ayat 9, Mengulangi lagi tentang betapa pentingnya untuk kuat dan teguh hati. Dalam menghadapi situasi yang sulit sekalipun, Yosua tidak boleh kecut dan tawar hati. Bila ini terjadi maka akan mengalami kesulitan namun bila kuat dan teguh hati maka tanah Kanaan pasti akan diduduki karena Tuhan Allah menyertai umat-Nya.

Saat kita melangkah masuk di tahun 2024 ini berefleksi dari, Firman Tuhan hari ini, maka kita diingatkan untuk hidup kudus dan mengandalkan Tuhan, agar menikmati perbuatan ajaib Tuhan atau mujizat-Nya di tahun ini. Tetaplah kuat dan teguhkanlah hati dalam Tuhan Yesus untuk menjalankan tugas dan tanggungjawab kita sebagai anggota jemaat atau gereja di sepanjang tahun 2024 dan jangan takut, Tuhan Allah menyertai kita. Juga kita diberi tanda awas agar supaya berhati-hati dalam bertindak. Jangan menyimpang dari perintah dan ketetapan-Nya secara konsekuen dari waktu ke waktu karena ada janji Tuhan yang memberkati dan menyertai hidup dan kerja kita. Sebagai gereja kita harus terus membina kehidupan pribadi, keluarga, dan jemaat untuk tidak tawar hati dan tidak boleh diombangambingan oleh rupa-rupa pengajaran yang menyesatkan. “Mari jo torang baku-baku bae,” baku-baku sayang, kong hidop kudus di hadapan Tuhan, kong rajin maso gereja di tahun 2024 ini. Amin. (mtpjgmim)

Berita Terkait

Top