Renungan Harian: Senin 5 Februari 2024, Amos 5:8 Jangan Cari Pertolongan Di Luar Tuhan


Amos 5 : 8

Dia yang telah membuat bintang kartika dan bintang belantik, yang mengubah kekelaman menjadi pagi dan yang membuat siang gelap seperti malam; Dia yang memanggil air laut dan mencurahkannya ke atas permukaan bumi–TUHAN itulah nama-Nya.

Hari ini tentu kita bersyukur bahwa kita masih boleh menyambut hari baru pemberian Tuhan. Mari kita merenung sambil bertanya, bagaimana jadinya apabila Tuhan berhenti berkarya dan bekerja untuk kita dan dunia? Tentu kita tidak akan seperti ini dan kita tidak akan merasakan kehidupan ini. Tuhan kita adalah Tuhan pemilik segala sesuatu. Dia berkuasa dan Dia pula yang mengatur dan mengendalikan segala sesuatu. Tanpa Dia segala sesuatu tidak ada dan tanpa Dia segala sesuatu berada dalam kekacaubalauan.

Bacaan kita hari ini sesungguhnya adalah penegasan nabi Amos kepada umat Tuhan tentang siapa Tuhan dikala mereka hidup sebagai umat Tuhan yang tidak lagi setia kepada Tuhan. Nabi Amos menegaskan, tidak ada sesuatu yang terjadi di luar kendali Tuhan dan Tuhan sanggup melakukan segala sesuatu. Alam dan ciptaanNya tunduk kepadaNya.

Apa artinya bagi umat Tuhan saat itu dan bagi kita? Kepada Israel hendak diingatkan bahwa tidak ada yang tersembunyi di hadapan Tuhan apa yang mereka lakukan. Tetapi juga Amos hendak mengingatkan umat agar mereka kembali melihat Tuhan yang adalah pencipta dan pengendali segala sesuatu. Di ayat 5 dan 6 Amos telah mengingatkan untuk jangan mencari kekuatan-kekuatan di luar Tuhan. Dengan demikian Amos mengajak umat untuk kembali kepada Tuhan yang adalah pemilik segala sesuatu.

Firman Tuhan ini juga menjadi perenungan bagi kita sebagai keluarga untuk hidup mengandalkan Tuhan. Hidup yang mendengar apa kata Tuhan, menjadi sangat penting dalam hidup kita. Kadang kita lebih mengandalkan kekuatan, kekuasaan dan kemampuan manusia dan dunia yang akibatnya kita jauh dari Tuhan dan berdampak dalam relasi yang tidak menghidupkan terhadap sesama. Firman Tuhan juga mengajak kita untuk melihat Tuhan sebagai penguasa dan pengendali hidup supaya kita dapat juga melihat orang lain untuk menghidupkan mereka lewat berbagai bentuk tanggung jawab kita. Kita percaya dengan mengandalkan Tuhan kita diberkati dan pada akhirnya kita juga dapat memberkati orang lain. Amin

Doa: Ya Tuhan, ampunilah kami jika kami terkadang meragukan kekuasaan-Mu dan mencari pertolongan dari kuasa duniawi. Terima kasih karena Nabi Amos menegur kami dengan firman-Mu bahwa Engkaulah pemilik kehidupan kami. Amin. (rhkgmim)

Berita Terkait

Top