Renungan Harian: Senin 22 Januari 2024, Kisah Para Rasul 25:3 Jangan Merencanakan Kejahatan


Kisah Para Rasul 25 : 3

Kepadanya mereka meminta suatu anugerah, yang merugikan Paulus, yaitu untuk menyuruh Paulus datang ke Yerusalem. Sebab mereka sedang membuat rencana untuk membunuh dia di tengah jalan.

Kebencian, dendam dan amarah yang tidak pernah hilang, akan membuahkan sesuatu yang tidak baik dalam kehidupan, bahkan dapat merusak diri sendiri maupun orang lain. Sebab kebencian, dendam dan amarah yang berlarut-larut pasti akan membawa dampak negatif dalam tubuh dan dapat menjerumuskan orang berbuat jahat terhadap orang lain. Hal inilah yang terjadi pada imam-imam kepala dan pemuka agama Yahudi yang tetap berusaha dengan keras untuk membunuh Paulus. Bagi mereka pemenjaraan Paulus selama dua tahun (pasal 24:27) tidak memberi kepuasan, sehingga mereka tetap membenci dan berusaha membunuh Paulus. Kemudian mereka membuat siasat jahat dengan meminta anugerah, yaitu semacam titah atau perintah dari gubernur Festus, agar Paulus dapat dibawa ke Yerusalem untuk diadili di sana dihadapan Festus. Padahal sebenarnya di balik permintaan itu mereka hendak membunuh Paulus di tengah jalan.

Kita hidup dalam suatu lingkungan masyarakat di mana kita sendiri tidak pernah mengetahui hal-hal apa yang akan terjadi terhadap diri kita atau keluarga. Sebab bisa saja ada orang yang merencanakan sesuatu yang jahat terhadap kita. Namun yang pasti bahwa perlindungan Tuhan Allah tetap menjaga dan tidak akan membiarkan orang yang setia, taat dan berharap kepada-Nya. Jika dalam kehidupan kita masih tersimpan perasaan dendam, amarah dan kebencian terhadap orang lain, mintalah pengampunan kepada Tuhan Allah sehingga kita tidak tergoda sebagai orang percaya kita dituntut untuk selalu berdoa supaya dapat dimampukan untuk mengampuni dan mengasihi orang yang membenci kita serta memberikan hati yang rela untuk mengampuni orang yang kita benci. Amin.

Doa: Ya Yesus Kristus, Tuhan, Ajarlah kami untuk tidak menaruh pikiran dan rencana jahat terhadap sesama. Dan ajarlah kami untuk dapat mengampuni dan mengasihi sesama. Jika ada orang yang membenci, menaruh dendam dan amarah terhadap kami, ampunilah mereka. Amin. (rhkgmim)

Berita Terkait

Top