Renungan Harian: Senin 15 Januari 2024, Matius 7:17 Jadilah Teladan


Matius 7 : 17

Demikianlah setiap pohon yang baik menghasilkan buah yang baik, sedang pohon yang tidak baik menghasilkan buah yang tidak baik.

Sebuah peribahasa yang sangat terkenal berkata, “buah jatuh tidak jauh dari pohonnya” artinya sifat dan sikap hidup orang tua akan turun kepada anak-anaknya. Akan tetapi perkembangan dunia dengan kemajuan ilmu pengetahuan seakan-akan menggusur arti peribahasa ini karena ada orang-orang tertentu menambah kalimat baru pada peribahasa ini yaitu “buah jatuh tidak jauh dari pohonnya, kecuali tanahnya miring.” Dan hal ini mengartikan bahwa memang kenyataannya di masa kini tidak semua sifat dan sikap hidup orang tua turun kepada anak-anaknya. Misalnya orang tua yang bersifat jahat, tapi anak-anaknya berperilaku baik, atau sebalikya ada orang tuanya selalu berperilaku baik, tetapi anaknya berperilaku jahat. Dan memang harus diakui bahwa secara umum kehidupan seseorang tidak lepas dari pengaruh lingkungan, baik lingkungan keluarga maupun masyarakat. Namun tingkat pendidikan dimiliki anak-anak banyak kali merubah sikap kepribadian mereka.

Oleh karena itu, peribahasa di atas menuntut kita, khususnya orang tua agar selalu berperilaku baik dan meneladankan kehidupan yang baik kepada anak-anak kita. Supaya meskipun di luar rumah, di sekolah atau di lingkungan masyarakat anak-anak kita banyak melihat hal-hal yang tidak baik, tetapi ketika mereka pulang ke rumah, mereka akan melihat dan menemukan hal-hal baik yang dipolakan oleh orang tua. Sebaliknya bila orang tua sering memperlihatkan hal-hal yang kurang baik dan di luar rumah juga mereka sering melihat dan mengalami hal-hal yang kurang baik, maka dapat dipastikan anak-anak kita juga akan membangun kehidupan yang kurang baik.

Bacaan firman Tuhan kita hari ini, memberi motivasi kepada kita sebagai orang tua untuk terus membangun hidup yang dapat diteladani oleh anak-anak. Sebab biasanya anak-anak dapat dengan gampang mengikuti apa yang dilakukan orang tuanya, sehingga bila kita banyak menampakkan buah kehidupan yang baik, pasti anak-anak akan meniru dan membuat hidup mereka menjadi baik dan dapat memberi buah yang baik, sekurang-kurangnya bisa dinampakkan di lingkungan di mana mereka hidup dan berada. Untuk itu, marilah kita selalu waspada dan terus membangun kebersamaan hidup yang saling menampakkan kebaikan, agar dari keluarga kita akan selalu nampak hal-hal yang baik untuk diteladani oleh orang-orang di sekitar kita. Amin!

Doa: Ya Tuhan, berikanlah kami hikmat agar kami dapat menjadi contoh dan teladan yang baik bagi anak-anak kami, sehingga mereka juga dapat menjadi baik dan berbuah baik dalam kehidupan. Amin! (rhkgmim)

Berita Terkait

Top