Renungan Harian: Senin 11 Desember 2023, Yesaya 9:1 Terang Menyinari Kegelapan


Yesaya 9 : 1

Bangsa yang berjalan di dalam kegelapan telah melihat terang yang besar; mereka yang diam di negeri kekelaman, atasnya terang telah bersinar.

Terang Menyinari Kegelapan

Setiap bangsa di dunia ingin menjadi bangsa merdeka dan bermartabat yang dihargai dan dihormati oleh bangsa-bangsa lain. Pengalaman bangsa Israel ini juga sempat dirasakan oleh nenek moyang bangsa kita saat ada di masa penjajahan bangsa lain dan tentu suatu pengalaman yang sangat tidak menyenangkan. Hidup bangsa Israel yang berada di bawah tekanan dan penindasan bangsa Asyur bukanlah keadaan yang menyenangkan. Kebebasan mereka terampas, di mana-mana dan apapun yang dilakukan terus-menerus diawasi oleh bangsa penindas. Sungguh suatu kehidupan yang penuh kesuraman dan tak berpengharapan. Tuhan Allah mengutus Yesaya menyampaikan pengharapan baru yang menjanjikan, bahwa akan ada terang yang besar menguasai kehidupan bangsa Israel. Kehidupan akan merubah dari keadaan gelap menjadi terang, dari kekelaman menjadi bersinar. Bangsa Israel yang terpuruk akan kembali menikmati masa-masa yang indah. Penghukuman Tuhan Allah akan segera berakhir dan diganti sebuah masa penebusan dan pengampunan.

Di perayaan masa raya Adven ini, kita berada dalam ibadah-ibadah menyambut Natal Tuhan Yesus Kristus, yang di dalamnya ada unsur penyalaan lilin. Lilin merupakan simbol kehadiran Sang Terang dunia yaitu Yesus Kristus yang telah lahir dan hadir di dunia membawa terang dan cahaya-Nya menembusi sisi-sisi gelap hidup manusia dan memberi kita kehidupan baru. Nah, janganlah karena mempersiapkan kebutuhan-kebutuhan materi menjelang perayaan Natal justru hidup kita kembali terkungkung dalam kegelapan dan kesuraman karena memaksakan diri menyediakan hal-hal yang sebenarnya kita tidak mampu demi gengsi. Padahal justru kelahiran Yesus Kristus membawa terang dan menghalau kegelapan dalam hidup ini. Oleh karena itu, sudah seharusnya hati dan pikiran kita tetap diterangi sehingga dapat menghasilkan tindakan-tindakan yang benar. Marilah persiapkan hidup agar kita siap merayakan pesta iman yang merupakan kesukaan bagi semua bangsa atas datangnya Sang Terang abadi Yesus Kristus. Amin.

Doa: Ya Tuhan tetaplah menjadi terang bagi kehidupan keluarga kami, agar kesulitan dalam hidup tidak akan membawa kami untuk hidup lagi dalam kegelapan dunia ini. Amin. (rhkgmim)

Berita Terkait

Top