Renungan Harian: Selasa 24 Oktober 2023, Menghormati Perbedaan -1 Korintus 12 : 18-20


1 Korintus 12 : 18-20

18 Tetapi Allah telah memberikan kepada anggota, masing-masing secara khusus, suatu tempat pada tubuh, seperti yang dikehendaki-Nya. 19 Andaikata semuanya adalah satu anggota, di manakah tubuh? 20 Memang ada banyak anggota, tetapi hanya satu tubuh.

Menghormati Perbedaan

Rasul Paulus berbicara tentang gereja sebagai tubuh Yesus Kristus yang terdiri dari banyak anggota dengan fungsi dan peran yang berbeda-beda. Dia menggambarkan bagaimana setiap anggota tubuh memiliki peran yang penting dan tidak boleh dianggap remeh. Meskipun perbedaan-perbedaan ini ada, Tuhan Allah dengan kebijaksanaan-Nya menempatkan setiap anggota di dalam tubuh sesuai dengan kehendak-Nya.

Firman hari ini mengingatkan kita tentang pentingnya saling menghormati dalam perbedaan, baik dalam gereja maupun keluarga dan masyarakat. Tuhan Allah menghendaki agar kita saling melengkapi satu sama lain dengan karunia dan pelayanan yang berbeda. Setiap orang memiliki keunikan dan peran yang berbeda. Persekutuan yang sejati terjadi ketika kita saling menghargai dan menghormati perbedaan-perbedaan yang ada. Ketika kita menerima dan mengakui bahwa setiap anggota memiliki nilai dan peran masing-masing, maka kita dapat bekerja sama sebagai satu tubuh.

Sebagai keluarga Kristen seringkali dalam kehidupan terjadi perbedaan pendapat dan konflik karena adanya perbedaan karakter, kepribadian, minat dan karunia. Namun, kesatuan bukan berarti bahwa semua orang harus menjadi seragam atau memiliki peran yang sama. Kesatuan sejati terjadi ketika kita saling menghargai dan menghormati setiap perbedaan. Yesus Kristus menginginkan gereja-Nya menjadi contoh yang baik bagi dunia. Ketika dunia melihat kesatuan melalui penghargaan dan penghormatan kepada sesama, meskipun berbeda-beda, akan menjadi kesaksian yang kuat tentang kuasa dan kasih Tuhan Allah yang bekerja dalam kehidupan kita. Amin.

Doa: Ya Tuhan Allah, tolonglah kami agar kami memuliakan-Mu melalui kerelaan mengormati dan menghargai setiap perbedaan yang ada dalam kehidupan. Amin. (rhkgmim)

Berita Terkait

Top