Renungan Harian: Selasa 19 September 2023, Menjadi Saksi – Yesaya 55 : 4-5


Yesaya 55 : 4-5

Sesungguhnya, Aku telah menetapkan dia menjadi saksi bagi bangsa-bangsa, menjadi seorang raja dan pemerintah bagi suku-suku bangsa; sesungguhnya, engkau akan memanggil bangsa yang tidak kaukenal, dan bangsa yang tidak mengenal engkau akan berlari kepadamu, oleh karena TUHAN, Allahmu, dan karena Yang Mahakudus, Allah Israel, yang mengagungkan engkau.

Menjadi Saksi

Dalam dunia pengadilan biasanya untuk melihat benar atau tidaknya suatu perkara dibutuhkan saksi dalam sebuah persidangan. Saksi dapat meringankan dakwaan atau sebaliknya dapat memberatkan terdakwa. Firman hari ini mengatakan, “Sesungguhnya Aku telah menetapkan dia menjadi saksi bagi bangsa-bangsa.” (ayat 4). Tuhan Allah mengikat perjanjian sebelumnya kepada Daud, selanjutnya perjanjian itu digenapi dalam Tuhan Yesus.

Penetapan Daud sebagai saksi agar bangsa-bangsa melihat pekerjaan Tuhan Allah yang hebat dan luar biasa. Inilah cara Tuhan bekerja bagi bangsa-bangsa lain. Yesus Kristus menggenapi semua janji-Nya. “engkau akan memanggil bangsa-bangsa yang tidak kau kenal” maksudnya adalah bangsa yang sebelumnya tidak diakui sebagai umat­ Nya. Mereka akan datang memenuhi panggilan itu seperti tertulis “dan bangsa yang tidak mengenal engkau akan berlari kepadamu“.

Tentu kita bertanya mengapa bangsa-bangsa bukan umat-Nya datang berbondong-bondong kepada Tuhan Yesus? Sebabnya adalah karena Dia adalah Anak Allah yang diutus ke dunia menyelamatkan manusia dan dunia. Kata Yesus kepadanya: “Akulah jalan dan kebenaran dan hidup. Tidak ada seorangpun yang datang kepada Bapa, kalau tidak melalui Aku.” (Yoh.14:6)

Sebagai umat tebusan Allah, kita semua percaya Tuhan Allah menjamin keselamatan di dalam dan melalui Yesus Kristus.. Oleh sebab itu kita semua harus menyadari bahwa sebagai orang yang sudah menerima jaminan keselamatan, terpanggil untuk menjadi saksi Yesus Kristus kepada orang lain melalui persekutuan, kesaksian dan pelayanan yang sungguh-sungguh, agar mereka yang belum percaya datang kepada­ Nya. Amin.

Doa: Ya Tuhan Allah, tolonglah kami agar dapat menjadi saksi-Mu kepada orang lain melalui sikap hidup yang benar. Sehingga yang belum percaya meyakini bahwa mereka dapat diselamatkan dengan percaya dan melakukan perintah Yesus Kristus. Amin. (rhkgmim)

Berita Terkait

Top