Renungan Harian: Selasa 19 Desember 2023, Matius 1:5 Keselamatan Bagi Semua Orang


Matius 1 : 5

Salmon memperanakkan Boas dari Rahab, Boas memperanakkan Obed dari Rut, Obed memperanakkan Isai,

Keselamatan Bagi Semua Orang 

Hidup manusia saat ini yang cenderung mementingkan diri sendiri semakin menggejala dalam berbagai bidang kehidupan. Sifat-sifat individualis dan egois telah merusak tatanan hidup manusia pada umumnya, termasuk warga gereja di dalamnya. Bahkan hal-hal yang berkaitan dengan iman percaya kepada Tuhan Allah dan dogma atau pengajaran gereja, seperti pandangan tentang keselamatan. Ada kelompok tertentu yang membenarkan bahwa keselamatan hanya diperuntukkan bagi kelompok mereka, dengan melakukan persyaratan keagamaan secara spesifik dan ketat. Misalnya, dengan melakukan ritual tertentu, maka keselamatan akan menjadi bagian dari orang yang melakukannya.

Istilah bagi semua atau universal berarti umum atau berlaku untuk semua orang atau seluruh dunia. Alamat keselamatan yang dibawa oleh Yesus Kristus adalah untuk seluruh dunia. Hal ini nampak dari silsilah ketika disebutkan nama Rut, sebagai istri dari Boas. Rut adalah seorang perempuan yang berasal dari Moab. Dia dibawa oleh Naomi, ibu dari suaminya Kilyon, setelah keinginan yang kuat dari Rut sendiri untuk hidup bersama dengan Naomi. Tapi ternyata inilah jalan yang disediakan oleh Tuhan Allah, supaya dari Rut nantinya terlahir Sang Juruselamat dunia, yakni Yesus Kristus. Dari sini kita diajak untuk melihat bahwa keselamatan yang dari Tuhan Allah dalam Yesus Kristus harus dilihat bersifat universal. Artinya, karya selamat itu diperuntukkan bagi suku bangsa lainnya, bukan hanya dikhususkan suku bangsa Israel. Karena bangsa lsrael sangat membanggakan diri sebagai bangsa pilihan Tuhan Allah. Pemahaman partikularistik, menjadi gaya hidup mereka, di mana mereka menganggap bahwa bangsa lain lebih rendah derajatnya dan keselamatan Tuhan Allah hanya untuk mereka. Dengan dimasukannya nama Rut dalam daftar silsilah Yesus Kristus, hendak menepis ajaran partikularistis bahwa keselamatan bagi semua manusia, tanpa terkecuali, walaupun berbeda latar belakang kehidupan suku dan bangsanya.
Karena itu, sebagai keluarga Kristen, dalam mempersiapkan diri untuk merayakan natal Yesus Kristus, milikilah hati yang selalu mau memahami pengajaran Yesus Kristus yang benar, bahkan setiap firman yang diucapkan-Nya. Sehingga kita akan mendapatkan pemahaman yang utuh dan benar tentang pengajaran-Nya. Apalagi pengajaran tentang keselamatan, yang secara sempurna telah dinyatakan melalui silsilah ini, yang semuanya berpuncak pada pribadi dalam Yesus Kristus, keselamatan yang dikerjakan-Nya untuk semua orang. Hiduplah dalam Yesus Kristus, sehingga kita dapat masuk dalam karya selamat-Nya. Amin.

Doa: Ya Tuhan Yesus, jadikan keluarga kami sebagai pribadi-pribadi yang selalu mau memahami karya keselamatan-Mu secara benar dan mampu memahami kehendak-Mu, serta selalu bertekad untuk melakukannya. Amin. (rhkgmim)

Berita Terkait

Top