Renungan Harian: Selasa 16 Januari 2024, Matius 7:18 Yang Baik Pasti Berbuat Baik


Matius 7 : 18

Tidak mungkin pohon yang baik itu menghasilkan buah yang tidak baik, ataupun pohon yang tidak baik itu menghasilkan buah yang baik.

Ada sebuah lagu rohani dalam Kidung Jemaat no. 356 yang berjudul “Tinggallah dalam Yesus” yang dalam bait kedua berkata: “Kita sebagai ranting pasti berbuahlah, asal dengan setia tinggal di dalam-Nya”. Inti dari lagu ini adalah tinggal di dalam Yesus Kristus, tetap setia tinggal di dalam-Nya, agar sebagai ranting kita akan tetap berbuah dengan lebat. Lagu ini adalah sebuah ajakan agar sebagai orang beriman kepada Yesus Kristus, kita jangan terkurung dalam anggapan diri sebagai orang Kristen. Sementara tidak ada satupun yang kita lakukan untuk menghasilkan buah yang baik dan dapat dinikmati oleh banyak orang, yaitu dengan perilaku hidup yang baik dan melalui tutur kata yang menyejukkan hati.

Firman Tuhan hari ini. Yesus Kristus mencontohkan kehidupan manusia seperti pohon. Pohon yang baik akan selalu berbuah yang baik dan pohon yang tidak baik pasti akan berbuah yang tidak baik. Dan tidak mungkin sebaliknya. Kita semua pasti sudah mengetahui bahwa buah pohon itu hanya memiliki tiga rasa yang berbeda yaitu, manis, pahit dan asam. Tetapi firman Tuhan bukan mempersoalkan manis, pahit dan asam, melainkan berbuah yang baik. Sebab buah pala tetap asam dan buah kurma manis dan yang dituntut di sini adalah berbuah dengan baik supaya dapat dinikmati dan dimanfaatkan.

Melalui firman Tuhan ini, semua kita diajak untuk terus bergantung pada apa yang diajarkan oleh firman Tuhan. Sebab firman Tuhan pasti mengajarkan kita untuk selalu berbuat baik sebagai buah kehidupan sebagai orang percaya. Apalagi di tahun yang baru ini, kita tidak tahu apa yang akan terjadi, tetapi kita harus tetap percaya bahwa bila kita tetap tinggal dalam firman Tuhan, kita pasti akan memberi buah yang baik sesuai dengan kehendak Tuhan Allah dalam firman-Nya. Sebab yang baik dari Firman Tuhan, pasti akan berbuah baik, seperti tujuan program Menjabarkan Trilogi Pembangunan Jemaat (MTPJ) yaitu “Tiga Batu Dodika”: Rajin Berdoa, Rajin membaca Firman dan Rajin Bekerja”. Kita yakin bahwa bila hal-hal ini ditanamkan dalam kehidupan rumah tangga kita, maka pasti kehidupan rumah tangga akan tumbuh bagaikan pohon yang baik dan menghasilkan buah yang baik. Amin.

Doa: Ya Yesus Kristus, Tuhan, bimbinglah kami untuk terus tinggal di dalam Firman-Mu agar hidup kami dapat memberi buah yang baik dan dapat dinikmati oleh banyak orang. Amin. (rhkgmim)

Berita Terkait

Top