Renungan Harian: Sabtu 6 Januari 2024, Ulangan 8:19 dan 20 – Bijak Mendengar Firman Agar Tidak Binasa


Ulangan 8 : 19 dan 20

Tetapi jika engkau sama sekali melupakan TUHAN, Allahmu, dan mengikuti allah lain, beribadah kepadanya dan sujud menyembah kepadanya, aku memperingatkan kepadamu hari ini, bahwa kamu pasti binasa; seperti bangsa-bangsa, yang dibinasakan TUHAN di hadapanmu, kamupun akan binasa, sebab kamu tidak mau mendengarkan suara TUHAN, Allahmu.

Jika seseorang lupa sesuatu adalah manusiawi. Karena tidak ada seorang pun di dunia ini yang sempurna. (No bodys’ perfect) Berbeda dengan orang bebal. Bebal adalah orang yang kurang bijaksana, sukar mengerti atau tidak mau mengerti. Rasul Paulus mengatakan orang bebal kebalikan dari orang bijaksana atau arif. (Efesus 5:15) Amsal 1: 22.c.”orang bebal benci kepada pengetahuan?” Pemazmur mengatakan, “Orang bebal berkata dalam hatinya: “Tidak ada Allah.” Busuk dan jijik perbuatan mereka, tidak ada yang berbuat baik.” (Mazmur 14:1).

Orang bebal disebut fasik. Fasik artinya seseorang yang melakukan perbuatan dosa besar atau melanggar norma-norma agama secara terang-terangan. Orang fasik menurut Alkitab adalah mereka yang berdosa namun tidak mau mengakui dosanya. Dalam arti lain, orang fasik disebut juga sebagai orang yang tidak beriman. Mereka mengetahui keberadaan Tuhan Allah, namun enggan mematuhi firman-Nya. “TUHAN mengenal jalan orang benar, tetapi jalan orang fasik menuju kebinasaan.” (Mazmur 1:6) “Orang fasik melihatnya, lalu sakit hati, ia menggertakkan giginya, lalu hancur; keinginan orang fasik akan menuju kebinasaan.” (Mazmur 112:10)

Firman Tuhan hari ini mengingatkan umat-Nya agar jangan menjadi orang bebal dan fasik dengan melupakan Tuhan Allah dan mengikuti allah lain. Apalagi mengikuti keinginan daging dan menganggap Tuhan Allah tidak ada seperti bangsa kafir. Akibatnya akan binasa. Dalam konteks Alkitab, istilah ‘binasa’. sering kali merujuk pada kehancuran atau malapetaka yang dialami oleh seseorang atau suatu bangsa sebagai akibat dari pelanggaran terhadap kehendak Tuhan Allah. Ini bisa mencakup bencana alam, perang, kelaparan, kegagalan, penderitaan dan lain sebagainya sebagai hukuman ilahi. Binasa sering terkait dengan konsep keadilan ilahi dan pentingnya hidup sesuai firman-Nya.

Sebagai keluarga Kristen yang adalah umat-Nya diingatkan agar jangan melupakan dan mengabaikan perintah Tuhan Allah melalui firman-Nya dalam Alkitab agar kita tidak binasa. Marilah kita rajin membaca firman, dengarkan suara Tuhan Allah dan
lakukanlah, maka hidup kita selalu diberkati.

Doa: Ya Tuhan Allah, kami tidak ingin binasa. Karena itu tolonglah kami diberi semangat dan kemauan untuk bijaksana mengatur waktu agar menyediakan kesempatan setiap hari membaca Alkitab dan mendengar suara-Mu. Supaya tidak lupa bahwa kami adalah anak-anak-Mu. Amin. (rhkgmim)

Berita Terkait

Top