Renungan Harian: Sabtu 10 Februari 2024, Amos 5:13 Jangan Menjauh Dari Tuhan Di Tengah Dunia Yang Jahat


Amos 5 : 13

Sebab itu orang yang berakal budi akan berdiam diri pada waktu itu, karena waktu itu adalah waktu yang jahat.

Di hari terakhir di minggu ini kitapun bersyukur bahwa kita boleh menjalani minggu ini dalam beragam tanggung jawab kita sebagai pribadi maupun sebagai keluarga. Firman Tuhan menyaksikan kepada kita bahwa keadaan umat Tuhan zaman Amos begitu sangat memprihatinkan. Dikatakan bahwa orang yang berakal budipun akan berdiam diri sebab betapa jahatnya hidup umat Tuhan itu. Dengan kata lain, dalam keadaan yang jahat itu orang berakal budi akan diam dan sepertinya tidak bisa lagi melakukan apa-apa. Sebab apapun yang hendak dikatakan dan diingatkan kepada mereka akan menjadi sia-sia karena tidak akan didengar.

Semakin dalamnya umat Tuhan itu jatuh sehingga dikatakan oleh Amos bahwa keadaan umat Tuhan berada pada waktu yang sangat jahat. Belajar dari kehidupan umat Israel ini, firman Tuhan mengingatkan kita untuk menjaga ketaatan dan kesetiaan kita kepada Tuhan. Apapun situasi dan kondisi kita, kiranya kita tidak menjauh dari Tuhan. Sebab menjauh dari Tuhan akan mengantar kita menjadi orang-orang yang jahat yang melakukan apa yang dibenci oleh Tuhan.

Mendengar firman adalah sikap yang dituntut oleh Tuhan dari kita. Mendengar berarti kita bersedia untuk diingatkan, ditegur, dikritisi dan bahkan diubah oleh Tuhan menjadi anak-anak yang berkenan di hadapanNya. Memberikan hidup ini untuk terbuka mendengar firmanNya akan membuat kita menjadi umat Tuhan yang diubahkan dan semakin hari berkenan kepada Tuhan dan juga menjadi berkat bagi sesama. Mari menjauh dari kejahatan dan mendekatkan hidup ini kepada Dia dan firmanNya, agar kita diberkatiNya dan menjauhkan kita dari penghukuman-Nya. Tuhan Yesus memberkati kita. Amin.

Doa: Ya Tuhan, tolonglah kami agar tetap teguh berpegang pada iman kepada Yesus Kristus di tengah dunia yang jahat dengan segala tawaran yang menggiurkan dan menggoyahkan. Jangan biarkan iman kami gugur dan menjadi orang jahat. Amin. (rhkgmim)

Berita Terkait

Top