Renungan Harian: Kamis 18 Januari 2024, Matius 7:21 Hidup Melakukan Kehendak Allah


Matius 7 : 21

Bukan setiap orang yang berseru kepada-Ku: Tuhan, Tuhan! akan masuk ke dalam Kerajaan Sorga, melainkan dia yang melakukan kehendak Bapa-Ku yang di sorga.

DALAM kehidupan kita sehari-hari sering kita menemukan di media sosial, khususnya berhubungan dengan orang yang meninggal. Baik saudara atau kenalan kita, pasti ada yang menulis di media sosial, “semoga Tuhan menyambutmu di sorga” atau sampai bertemu di Yerusalem baru” dan lain-lain. Entah ini hanya sebatas tanda turut berdukacita, atau hanya sebuah kalimat penghiburan. Memang nampaknya ini baik, tetapi hal ini terkoreksi dengan firman Tuhan hari ini yang memberi tekanan yang sangat mendasar berhubungan dengan iman dan percaya kita, bahwa ternyata masuk dalam Kerajaan Sorga tidak semudah kita menulis status di media sosial.

Semua kita tentu pernah membaca atau sekurang-kurangnya pernah mendengar ayat ini. Tetapi pernahkah kita memberi perhatian dan perenungan yang khusus tentang ayat ini? Sebab bacaan Firman Tuhan Matius 7:21 ini mengajak kita berpikir berkali-kali lipat tentang kehidupan iman kita. Banyak di antara kita yang sudah menjadi orang percaya sejak kecil dan banyak juga di antara kita yang nyaris tidak pernah alpa dalam semua kegiatan ibadah. baik di rumah bersama keluarga, di gereja. di kolom, di kompelka BIPRA, bahkan di semua kebaktian penyegaran iman (KPI). Namun, apa reaksi kita bila akhirnya ketika Yesus Kristus datang kembali dan Dia mengatakan kepada kita: “Bukan setiap orang yang berseru kepada-Ku: Tuhan, Tuhan! akan masuk ke dalam Kerajaan Sorga, melainkan dia yang melakukan kehendak Bapa-Ku yang di sorga”. Sangat jelas bahwa syarat yang dipakai oleh Yesus Kristus sebagai standar masuk dalam Kerajaan Sorga adalah “orang yang melakukan kehendak Bapa-Ku yang di sorga”. Artinya apa yang ditulis oleh banyak orang dalam media sosial tidak memberi jaminan. Karena di satu pihak terkesan baik tetapi di lain pihak dapat dikatakan telah mendahului apa yang dikehendaki Yesus Kristus.

Dengan demikian maka perlu untuk kita mengerti dan memahami bahwa melakukan kehendak Tuhan Allah adalah syarat utama yang harus dipenuhi untuk suatu kehidupan dalam Kerajaan Sorga. Lalu manakah kehendak Tuhan Allah itu? Jawabannya ialah melakukan semua kebaikan yang memuliakan nama Tuhan Allah dalam Yesus Kristus dan mendatangkan damai sejahtera dalam kehidupan bersama. Amin.

Doa: Ya Yesus Kristus, Tuhan, yakinkanlah dalam iman kami, bahwa melakukan kehendak Tuhan Allah akan membawa kami memiliki kehidupan kekal dalam Kerajaan Sorga. Dan bimbinglah kami untuk menyakinkan orang lain tentang semuanya ini. Amin. (rhkgmim)

Berita Terkait

Top