Renungan Harian: Kamis 12 Oktober 2023 – Air Sumber Hidup – Mazmur 104:13


Mazmur 104:13

13Engkau yang memberi minum gunung-gunung dari kamar-kamar loteng-Mu, bumi kenyang dari buah pekerjaan-Mu.

Air Sumber Hidup

Beberapa pendapat menyatakan bahwa sebanyak 50-65% tubuh manusia terdiri dari air. Manusia bisa bertahan beberapa hari tanpa makan, tapi tak akan hidup tanpa air. Di masa Covid-19, kualitas kehidupan dan kesehatan manusia juga ditentukan oleh aktivitas yang membutuhkan air seperti cuci tangan, mandi dan minum. Air juga sangat dibutuhkan dalam penyediaan makanan dan pertanian serta industri. Bumi sebenarnya mempunyai banyak cadangan air, sekitar 71% permukaan planet ini diselimuti Air memang menjadi sumber penting dalam kehidupan manusia dan tidak terpisahkan sebagai kebutuhan pokok umat manusia sampai saat ini. Tidak dapat dipungkiri juga bahwa manusia memiliki peran dalam menghabiskan air yang terdapat dalam satu tatanan kehidupan di bumi ini. Air bersih biasanya dimanfaatkan untuk minum, memasak, mencuci, irigasi tanaman dan lainnya.

Tapi terdapat permasalahan serius yang mengancam keberadaan air di bumi yaitu pencemaran air atau polusi air. Polusi air menyebabkan dampak negatif pada rantai makanan. Gangguan pada rantai makanan terjadi ketika racun dan polutan dalam air di konsumsi oleh hewan air (ikan, kerang, dan lainnya) yang kemudian dikonsumsi oleh manusia. Pemazmur mengungkapkan bahwa Tuhan Allah menyediakan air untuk memberikan minum kepada yang membutuhkan. Memberikan minum gunung-gunung dan bumi sehingga ada kehidupan lainnya yang berkelanjutan. Inilah hubungan yang saling ketergantungan antara makhluk hidup dengan lingkungannya.

Jika air merupakan pemberian Tuhan Allah bagi bumi, agar ada kehidupan, maka sudah seharusnya kita menjaga air agar tidak tercemar. Air merupakan salah satu sumber energi yang dibutuhkan dalam kehidupan manusia. Jika mata air kering, maka akan ada air mata sebab manusia akan sulit melakukan kegiatan dalam kehidupan sehari-hari. Di dalam keluarga kita, air memiliki peran yang besar dalam kehidupan di bumi. Oleh karena itulah air sangat berfungsi dan berperan bagi kehidupan makhluk hidup di bumi ini. Penting bagi kita sebagai manusia untuk tetap selalu melestarikan dan menjaga agar air yang kita gunakan tetap terjaga kelestariannya dengan melakukan pengelolaan air yang baik seperti penghematan, tidak membuang sampah dan limbah yang dapat membuat pencemaran air sehingga dapat menggangu ekosistem yang ada. Amin.

DoaYa Bapa kami dalam surga, kami bersyukur untuk setiap tetes air bersih yang kami nikmati. Tolonglah kami untuk menjaga kelestarian alam ciptaan-Mu, agar kami tetap hidup sehat. Amin. (rhkgmim)

Berita Terkait

Top