Renungan Harian: Jumat 27 Oktober 2023, Menggunakan Karunia Dengan Bijaksana -1 Korintus 12 : 27-30


1 Korintus 12 : 27-30

Kamu semua adalah tubuh Kristus dan kamu masing-masing adalah anggotanya. Dan Allah telah menetapkan beberapa orang dalam Jemaat pertama sebagai rasul, kedua sebagai nabi, ketiga sebagai pengajar. Selanjutnya mereka yang mendapat karunia untuk mengadakan mujizat, untuk menyembuhkan, untuk melayani, untuk memimpin, dan untuk berkata-kata dalam bahasa roh. Adakah mereka semua rasul, atau nabi, atau pengajar? Adakah mereka semua mendapat karunia untuk mengadakan mujizat, atau untuk menyembuhkan, atau untuk berkata-kata dalam bahasa roh, atau untuk menafsirkan bahasa roh?

Menggunakan Karunia dengan Bijaksana 

Menggunakan karunia-karunia dengan bijaksana adalah panggilan Tuhan Allah bagi kita sebagai anggota tubuh Yesus Kristus. Kendati orang percaya diberikan rupa-rupa karunia oleh Roh Kudus, seperti ada karunia sebagai rasul, nabi, pengajar, karunia penyembuh, menolong, memimpin dan berbagai macam bahasa roh. Namun, tidak semua orang memiliki karunia yang sama dan itu adalah bagian dari rancangan dan kehendak Tuhan Allah. Mengunakan karuni-karunia dengan bijaksana berarti kita mengakui dan menghormati peran dan fungsi masing-masing anggota tubuh Yesus Kritus. Tidak ada yang lebih penting atau yang lebih tinggi daripada yang lain. Sehingga kita harus belajar untuk bekerja sama, saling melengkapi dan menghargai peran atau kontribusi dari setiap anggota. Di mana tujuannya adalah hanya untuk kemuliaan Yesus Kristus dan bukan untuk kepentingan diri sendiri.

Bagaimana memanfaatkan secara bijaksana karunia yang diterima dari Tuhan Allah? Beberapa hal berikut ini dapat menjadi perenungan sebagai keluarga Kristen yaitu: Pertama, kenalilah karunia-karunia yang Tuhan Allah telah berikan kepada kita. Kedua, gunakanlah karunia-karunia tersebut dengan kasih dan hikmat dalam melayani gereja dan orang lain. Ketiga, marilah kita bekerja sama dengan anggota tubuh Yesus Kristus yang lain, menghormati peran dan fungsi mereka. Dan saling melengkapi untuk membangun Tubuh Yesus Kristus. Amin.

Doa: Ya Tuhan Yesus, Tuhan kami, pimpinlah kami dengan Roh Kudus-Mu agar karunia-karunia yang kami terima dapat dipergunakan dengan rendah hati dan bijaksana untuk keselamatan kami dan kemuliaan-Mu. Amin. (rhkgmim)

Berita Terkait

Top