Renungan Harian: Jumat 13 Oktober 2023, Selamatkan Lingkungan Alam – Mazmur 104 : 14-15


Mazmur 104 : 14-15

Engkau yang menumbuhkan rumput bagi hewan dan tumbuh-tumbuhan untuk diusahakan manusia, yang mengeluarkan makanan dari dalam tanah dan anggur yang menyukakan hati manusia, yang membuat muka berseri karena minyak, dan makanan yang menyegarkan hati manusia.

Selamatkan Lingkungan Alam

Manusia dan alam adalah dua unsur yang berada pada satu lingkaran bumi. Manusia diberikan tugas untuk mampu menjaga dan merawat alam. Bahkan manusia dan alam itu hidup saling ketergantungan. Jelas hubungan alam dengan manusia merupakan hubungan pemanfaatan alam untuk kemakmuran bersama. Hidup bersama antara manusia dengan alam berarti juga hidup dalam kerja sama, tolong menolong dan tenggang rasa.

Sebagai makhluk hidup, manusia dan hewan sangat bergantung pada tumbuhan. Tidak hanya berperan sebagai penstabil lingkungan, tumbuhan juga berfungsi untuk mendekorasi taman atau ruangan agar terlihat asri dan nyaman. Hubungan manusia dan hewan dengan tumbuhan tidak bisa dipisahkan satu sama lain. Tanpa tumbuhan, manusia dan hewan tidak akan bisa menghirup udara segar setiap harinya.

Bagian Alkitab saat ini memperlihatkan bagaimana Tuhan Allah memberikan pertumbuhan bagi rumput dan tumbuhan lainnya. Rumput untuk makanan hewan dan tumbuh-tumbuhan bagi kebutuhan makanan manusia.

Tumbuhan-tumbuhan memberikan manfaat besar bagi kehidupan manusia, seperti oksigen, keindahan, kesejukan dan menghindarkan dari bencana. Tuhan Allah telah memberikan hasil tanaman dan tumbuh-tumbuhan kepada manusia untuk dapat dinikmati. Namun karena sifat keegoisan, serakah dan tidak pernah puas, akhirnya manusia cenderung menghancurkan alam. Dan sebagaimana alam bisa memberikan manfaat, maka alam juga bisa memberikan kerugian saat dirusak. Bencana, krisis iklim, kekurangan air bersih, polusi udara dirasakan manusia. Itulah dampak yang dirasakan karena kerusakan alam yang sudah banyak terjadi.

Mulai saat ini, sebagai orang Kristen, marilah dengan penuh sadar dan tanggung jawab kita menjaga alam. Hal ini dilakukan dengan cara, antara lain program penanaman seribu pohon, tidak membuang sampah sembarangan, menjaga kebersihan sungai di sekitar dan masih banyak lagi. Mari kita selamatkan lingkungan alam mulai dari sekarang dan itu dimulai dari keluarga kita. Amin.

Doa: Ya Bapa kami yang di surga. Kami bersyukur Engkau telah mengaruniakan udara yang segar sehingga kami masih bisa hidup hingga saat ini. Ya Bapa, gerakkan hati kami dan hati orang-orang di sekitar kami agar mau memelihara dan melestarikan alam dgn baik. Dalam nama Yesus Kristus kami berdoa. Amin. (rhkgmim)

Berita Terkait

Top