Prof. Surisyono Siap Laksanakan Permintaan Gubernur Olly Atasi Virus Babi di Sulut


Gubernur Olly Dondokambey bersama Wamen Perdagangan Jerry Sambuaga dan Deputi Gubernur Senior Bank Indonesia Destry Damayanti mendapat penjelasan dari Prof. Surisyono. 

MANADO, CahayaManado.com – Prof. Surisyono Surijatmodjo siap melaksanakan permintaan Gubernur Sulut Olly Dondokambey untuk membantu mengatasi masalah virus babi (ASF) yang kini sudah masuk menjangkit ternak babi di Sulut.

Permintaan itu disampaikan langsung Gubernur Olly Dondokambey kepada Prof. Surisjono seusai membuka North Sulawesi Investment Forum 2023 di Grand Kawanua Manado, Selasa (8/8/2023).

Gubernur Olly saat itu mengantar Wakil Menteri Perdagangan Jerry Sambuaga  dan Deputi Gubernur Senior Bank Indonesia Destry Damayanti untuk meninjau stand-stand yang ada.

Gubernur Olly bersama Wamen Jerry Sambuaga dan Deputi Gubernur Senior Bank Indonesia Destry Damayanti terlibat pembicaraan dengan Prof. Surisyono.

Sebagaimana diketahui Prof. Surisyono merupakan seorang peneliti dan ahli lingkungan dari SG Fortune Greentech Support yang juga menemukan bahan Antivirus ASF (African Swine Virus) pada babi.

Di acara North Sulawesi Investment Forum ini, Prof. Suris ikut memamerkan produk-produk hasil temuannya. Seperti bahan kosmetik dari limbah gula aren, papan komposit dari eceng gondok, dan juga bahan Antivirus.

Menurut Prof. Suris, panggilan akrabnya, nantinya ia akan turun lapangan bersama dengan tim dari Badan Penelitian dan Pengembangan Daerah (Balitbangda) Provinsi Sulut untuk memberikan penyuluhan kepada para peternak, dengan memberi petunjuk bagaimana menggunakan bahan Antivirus ASF tersebut.

Sementara itu, Wakil Menteri Perdagangan Jerry Sambuaga mengatakan kepada CahayaManado, Kementerian Perdagangan memberikan dorongan kepada para peternak babi untuk bisa mengekspor daging babi. Karena pemasarannya ke luar negeri sangat terbuka. “Tapi tentu harus memenuhi aturan dan kebijakan, serta standardisasi,” ujarnya.

(Jeffry Pay)

Berita Terkait

Top