Jerry Sambuaga Bertekad Mengabdi untuk Sulawesi Utara


JERRY Sambuaga menjadi kebanggaan masyarakat Sulawesi Utara, karena dialah satu-satunya keterwakilan orang Sulawesi Utara yang duduk di Kabinet Presiden Joko Widodo.

Sebagai seorang dari kalangan generasi muda, ia tampil dengan kinerja yang luar biasa selaku Wakil Menteri Perdagangan Indonesia pada Kabinet Indonesia Maju. Ia diangkat sebagai Wakil Menteri Perdagangan oleh Presiden Joko Widodo pada tanggal 25 Oktober 2019.

Dalam kesibukan mengemban tugas sebagai Wakil Menteri Perdagangan, Jerry Sambuaga tidak melupakan kampung halamannya. Dalam hal pembangunan perekonomian di Sulawesi Utara, ia selalu memberikan sumbangsi pemikiran dan juga membantu warga yang membutuhkan. Beberapa sumbangsi yang ia berikan,  antara lain memfasilitasi pengadaan Internet gratis di beberapa titik di wilayah Sulawesi Utara, pengobatan gratis, pasar murah, fogging, dan kegiatan sosial lainnya. “Apa yang bisa saya lakukan, akan saya usahakan untuk pembangunan Sulawesi Utara. Saya bertekad untuk mengabdi bagi masyarakat Sulawesi Utara,” ujar Jerry yang kini tengah mempersiapkan diri maju sebagai Calon Legislatif DPR RI Dapil Sulut dari Partai Golkar. Apalagi sebelum diangkat sebagai Wakil Menteri Perdagangan, Jerry Sambuaga merupakan Anggota Komisi I Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR RI) Periode 2014–2019 dari Partai Golkar mewakili Daerah Pemilihan Sulawesi Utara.

Sebagai Anggota Komisi I, Jerry membidangi luar negeri, pertahanan, intelijen, komunikasi dan informatika. Di samping itu, pada tahun 2008–2019, Jerry juga mengajar sebagai dosen ilmu politik, ilmu pemerintahan, dan ilmu hubungan internasional di beberapa kampus, antara lain di Universitas Pelita Harapan, Universitas Sam Ratulangi Manado, London School of Public Relations, Universitas Pertamina, Universitas Paramadina, dan Universitas Indonesia. Selain sebagai pengajar, Jerry juga aktif menulis di harian umum Suara Pembaruan sebagai kolumnis sejak tahun 2012–2019.

Terkait isu politik dan hubungan internasional, Jerry memiliki pengalaman yang relevan antara lain dengan menjadi peneliti pada Direktorat Keamanan Internasional dan Pelucutan Senjata (KIPS) di Departemen Luar Negeri pada tahun 2005, yang bertugas mengeksplorasi dan melakukan riset masalah terorisme, keamanan internasional, dan isu-isu mengenai pertahanan. Pada tahun 2006, Jerry terlibat aktif sebagai peneliti dalam misi penjaga perdamaian dan resolusi konflik, tepatnya pada Divisi Politik Perutusan Tetap Republik Indonesia untuk Perserikatan Bangsa-Bangsa di New York, Amerika Serikat. Jerry saat itu juga berkolaborasi sebagai Penasihat Khusus Delegasi Indonesia di PBB. Setahun berikutnya, yakni tahun 2007, Jerry terlibat dalam riset sebagai peneliti untuk ASEAN Regional Forum (ARF) di Sekretariat Perhimpunan Bangsa-Bangsa Asia Tenggara (ASEAN) di Jakarta, yang secara spesifik menginvestigasi dan menganalisis masalah-masalah konflik teritorial, pertahanan, keamanan, terorisme, dan militer di wilayah Asia Tenggara. Pada tahun 2008–2009, ia menjabat sebagai Staf Ahli Ketua DPR RI yang secara spesifik menangani isu-isu luar negeri, khususnya terkait hubungan DPR RI dengan parlemen-parlemen dunia. Dan setelah selesai menjabat sebagai Staf Ahli Ketua DPR RI, Jerry kemudian menjabat sebagai Staf Ahli Ketua DPD RI tahun 2009–2016.

Dalam dunia politik praktis, Jerry yang adalah putra dari mantan Menteri Theo L Sambuaga ini, mulai merintis aktivitas politiknya sejak masih remaja di Partai Golkar. Keterlibatannya di Partai Golkar dimulai semenjak tahun 2002, ketika ia mulai aktif dalam kegiatan-kegiatan partai. Dalam struktur DPP Partai Golkar, Jerry pernah tercatat sebagai Anggota Badan Pemenangan Pemilu (Bappilu), Anggota Bidang Penggalangan Khusus Sub Bidang Pemilih Pemula, Fungsionaris Tingkat Pusat DPP Partai Golkar, Anggota Badan Informasi dan Komunikasi (BIK) Divisi Hubungan Antar Lembaga, Anggota Departemen Kerjasama Internasional DPP Partai Golkar, Anggota Balitbang DPP Partai Golkar, Wakil Sekjen DPP Angkatan Muda Partai Golkar (AMPG), dan Wakil Sekretaris Jenderal DPP Partai Golkar. Selain di Partai Golkar, Jerry juga aktif di beberapa Organisasi Kemasyarakatan, antara lain sebagai Wakil Sekretaris DPP Himpunan Pengusaha Kosgoro 1957, Wakil Ketua Pengurus Pusat Kolektif (PPK) Kosgoro 1957, Wakil Bendahara DPP Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI), Ketua DPP KNPI, Ketua DPP Angkatan Muda Pembaharuan Indonesia (AMPI), dan terakhir sebagai Wakil Ketua Umum DPP AMPI.

Setelah melalui beberapa jabatan dan posisi di Partai Golkar, saat ini Jerry dipercayakan untuk mengemban beberapa jabatan penting dan strategis. Pada periode kepemimpinan Ketua Umum DPP Partai Golkar Airlangga Hartarto, Jerry menjabat sebagai salah satu Ketua DPP Partai Golkar dan sekaligus ditunjuk sebagai Ketua Badan Penelitian dan Pengembangan (Balitbang) Partai Golkar dan juga merupakan anggota Dewan Komite Kebijakan Partai Golkar. Selain jabatannya di Partai Golkar, Jerry juga merupakan Wakil Ketua Golkar Institute, institusi pendidikan pertama yang didirikan partai politik di Indonesia.

(Jeffry Pay)

Berita Terkait

Top