Ini Silsilah Prabowo dari Garis Keturunan Ibundanya Dora Sigar


PRABOWO Subianto adalah salah satu tokoh yang kini jadi bahan pembicaraan di Indonesia. Sebagai salah satu calon Presiden, ia dinilai merupakan calon yang dapat diterima semua kalangan.

Sebagai tokoh pemersatu bangsa, banyak yang ingin mengetahui silsilah keluarganya. Terutama dari keturunan ibundanya, Dora Marie Sigar.

Selama ini Prabowo tidak pernah menyembunyikan identitas pribadinya. Dari silsilah ayahnya, ia menyebut dirinya Orba (orang Banyuwangi). Sedangkan dari silsilah ibunya, ia mengatakan dirinya Orla (Orang Langowan).

Dari silsilah ayahnya, sudah banyak kali diekspos. Namun orang juga ingin tahu silsilah Prabowo dari ibunya Dora Sigar.

Bererdasarkan riwayat keluarga dari pihak ibunya Dora Sigar yang berasal dari Langowan, kota kecil di Minahasa, diperoleh informasi di tubuh Prabowo dan saudara- saudaranya masih mengalir darah Benyamin Thomas Sigar alias Tawajln Sigar. Kakek buyut  Prabowo ini adalah bekas Major (Kepala Distrik) atau Hukum Besar Langowan.

Kapiten Langowan yang Jadi Major Langowan.

Siapakah Benyamin Thomas Tawajln Sigar ini, yang merupakan sesepuh (tetua) masyarakat di Langowan. Ia pernah menjadi kapiten ketika pasukan Tulungen (tentara bantuan) atau pasukan bantuan (hulptroepen) dari suku-suku di Minahasa yang dikirim ke Jawa untuk membantu memadamkan perlawanan Pangeran Diponegoro (Perang Jawa 1925-1930).

Pengiriman hulptroepen dari Minahasa dilakukan dua gelombang. Pertama pada tahun 1826, dan kedua pada 1829.

Kapiten Benyamin Tawajlin Thomas Sigar diberangkatkan di gelombang kedua, di bawah pimpinan Mayor Tololiu Herman Willem Dotulong, tokoh utama pasukan Tulungen.

Menurut Bode Grey Talumewo, sejarawan muda, Prabowo Subianto merupakan turunan kelima dari Kapiten Langowan, Benyamin Thomas Sigar. Dialah yang ikut membantu Dotulong selama tugas di Jawa.

Bode menjelaskan, turunan Benyamin Thomas Sigar memiliki anak Laurents  Sigar, Kepala Walak Langowan.

Anak Laurents diberi nama Philip Sigar yang tak menjabat apa pun. Dari Philip lahirlah Philip Laurens Frederick Sigar.

Philip LF Sigar inilah yang merupakan ayah kandung Dora Sigar, ibunda Prabowo dan saudara-saudaranya. Dora Sigar yang dibawa ayahnya ke Utrecht, Belanda, bertemu Prof Dr Soemitro Djojohadikusumo di negeri itu, mereka kemudian menikah.

Philip LF Sigar ini pribadi yang cemerlang. Ia pernah menduduki jabatan Sekretaris Keresidenan Manado (1922-1924), sebelum ditugaskan ke Bandung, Jawa Barat. Ayah Dora Sigar ini menjadi orang Indonesia yang menduduki jabatan tinggi dan strategis di jaman Hindia Belanda.

“Dora Sigar yang adalah seorang perawat, kemudian bertemu dengan Soemitro di Belanda. Saat itu Soemitro kuliah di Belanda. Dari keduanya kemudian lahirlah Prabowo Subianto dan saudara-saudaranya,” kata Bode yang rajin mengumpulkan data sejarah Minahasa.

Secara singkat,  Silsilah Prabowo dari ibunya Dora Sigar adalah sebagai berikut:

Benjamin Thomas Sigar (Tawalijn/Tawaluyan)
Laurens Roland Sigar
Philip Sigar
Philip F.L. Sigar
Dorah Marie Sigar
Prabowo Subianto

Benyamin Thomas Sigar memperanakkan Laurens Sigar. Laurens Sigar memperanakkan Philip Sigar. Philip Sigar memperanakkan Philip Laurens Frederick Sigar. Philip Laurens Frederick Sigar menikah dengan Cornelia Maengkom (Keluarga Sigar-Maengkom) memperanakkan Dora Sigar.

Dora Sigar kemudian menikah dengan Soemitro Djojohadikusumo. Dari perkawinan mereka lahirlah Prabowo Subianto bersama kakak beradiknya.

Kakak beradik Prabowo dalam Kel.Djojohadikusumo-Sigar Maengkom adalah sebagai berikut:
1. Biyanthi Djojohadikusumo (beragama Kristen Protestan)
2.Maryani Djojohadikusumo (Kristen Katolik).

3 Prabowo Djojohadikusumo (Muslim).

4. Hasyim Djojohadikusumo (Kristen Protestan).

Ibu Dora atau Oma Dora Sigar sampai beliau meninggal dimakamkan secara Kristen oleh Prabowo sesuai keyakinan Ibundanya.

Prabowo sangat mencintai dan mengidolakan Ibunya. Kalau kita bertandang di kediaman pribadi beliau (Kertanegana maupun Hambalang), kita akan disambut dengan foto keluarganya yang berukuran besar, yang mengalahkan seluruh lukisan/foto di ruang tersebut.

Dan yang yang perlu menjadi catatan, bahwa para pekerja di rumah pribadinya yang mengurus segala keperluan dan hobbynya Prabowo ada sekitar 80 persen anak-anak Minahasa. Itu adalah bagian kecintaan dan rasa percaya Prabowo terhadap orang Minahasa. (Jeffry Pay)

Berita Terkait

Top