Deymer Malonda Gaet Telkomsel Fasilitasi Pengadaan Signal 12 Desa di Kakas, Kakas Barat dan Lembean Timur


KAKAS, CahayaManadom.com–Pengacara asal Kakas Deymer Malonda SH, MH bekerja sama dengan PT. Telkomsel memfasilitasi pengadaan signal (jaringan) Internet dan telepon seluler di 12 desa yang ada di Kecamatan Kakas, Kakas Barat dan Lembean Timur.

Untuk pengadaan signal tersebut, langsung ditindaklanjuti dengan melakukan survei lapangan di beberapa desa yang jadi obyek pengadaan signal. Dalam survei lapangan Selasa (09/01/2023) dipimpin langsung Market Teritory PT. Telkomsel Sulut Sjahrul, didampingi Deymer Malonda, SH, MH.

Menurut Deymer Malonda, SH, MH yang juga owner Attaya Resto Kakas, pengadaan signal itu akan melayani 12 desa di wilayah Kakas, Kakas Barat dan Lembean Timur. Ke-12 desa itu adalah Karor, Kayuwatu, Wineru, Kaleosan, Makalelon, Rinondor, Mahembang, Bukit Tinggi, Wailang, Tumpaan, Marentek, dan Atep Oki.

Diungkapkan, pengadaan jaringan Telkomsel ini berawal dari aspirasi dan keluhan masyarakat di 12 desa tersebut, setelah adanya kunjungan dari calon legislatif Sophia L Malonda-Sarmita.

Masyarakat di 12 desa tersebut mengeluh karena kurangnya fasilitas komunikasi, dimana mereka tidak dijangkau oleh signal telepon seluler.

Dalam survei yang dilakukan di Desa Karor Kecamatan Lembean Timur, Hukum Tua Recky Paoki menyampaikan, warga Karor memang sudah lama mengharapkan adanya jaringan internet di desanya.

Ia menuturkan, sebelum ini ada perusahaan yang telah melakukan pendekatan kepada pemerintah dan masyarakat Karor untuk pengadaan jaringan. Pihak perusahaan tersebut bahkan sudah menagih sampai Rp. 30 juta.

Hal senada disampaikan tokoh masyarakat Herson Suawa yang juga mantan Hukum Tua Karor. Menurut dia, sudah lama masyarakat mendambakan adanya signal tersebut. “Tapi sampai saat ini belum juga terwujud. Karena itu kami sangat mendukung usaha dari Pak Deymer Malonda, SH, MH dan juga Sophia L Malonda-Sarmita yang boleh memfasilitasi pengadaan signal itu,” ujarnya.

Usaha dari Deymer Malonda ini sudah mendapat rekomendasi dan dukungan Pemerintah Kabupaten Minahasa, ketiga Camat di Kakas, Kakas Barat dan Lembean Timur.

Sementara itu, Sjahrul dari Telkomsel menjelaskan, dari hasil survei, akan dipelajari bagaimana secara teknis pengadaan signal tersebut. “Kami akan mempertimbangkan secara teknis. Apakah akan ada pengadaan tower atau dengan menghadirkan layanan jaringan broadband 4G LTE dengan memanfaatkan infrastruktur Compact Mobile BTS (COMBAT),” ujarnya.

Untuk pengadaan itu, tambahnya, diusahakan segera dilaksanakan dalam waktu dekat ini. “Tapi kami harus koordinasikan dulu dengan pimpinan dan bagian teknis,” katanya. (Jeffry Pay)

Berita Terkait

Top