Cuci Darah Koq Tambah Parah Dok? Ini Jawabannya


Cuci Darah koq tambah parah
Dok, saya sudah mendampingi ibu saya HD hampir 6 bulan, tapi koq kondisinya bukan makin membaik tapi malah lebih parah dari saat sebelum cuci darah. Bagaimana ini, apakah keputusan melakukan cuci darah sesuai saran dokter adalah tindakan yang keliru. Mohon infonya Dokter. Terima kasih

Jawab:
Turut prihatin atas kondisi Ibunda. Menurut Dokter keputusan melakukan cuci darah (jika sudah disarankan dokter yang merawat) adalah keputusan yang tepat karena cara ini merupakan salah satu dari 3 cara yang berdasarkan pengetahuan Dokter agar pasien yang sudah gagal ginjal bisa terus bertahan.
Masalahnya, terapi cuci darah berbeda dengan terapi-terapi penyakit akut lainnya. Jika pada terapi lain, cukup minum obat dan patuh mengikuti nasehat dokter yang merawat, pada saat seseorang melakukan cuci darah, pasien (dan anggota keluarga / pendampingnya), harus juga belajar. Belajar dan mempraktikkan cara-cara baru agar bisa hidup nyaman bersama mesin HD. Misalnya (masih banyak yang lain), lakukan cuci darah secara adekuat dan selalu usahakan mencapai berat badan kering.
Cara-cara / tips hidup bersama mesin HD, perlu digali infonya dari para dokter HD ataupun perawat HD.
Selain itu jika menginginkan bisa mengakses info tersebut 24 jam / hari dan 7 hari / minggu, silakan akses informasi di:
– Web Kesehatan & Perumahsakitan,
https://doktererik.com/category/ginjal/
– 50 video Tips Cuci Darah
https://s.id/tipscucidarah
Semoga dengan membaca / menonton info2 pada web di atas, hidup dengan mesin HD akan semakin mudah.
Tetap semangat.
Salam sehat Ginjal.

Dr. Erik Tapan, MHA
Penulis buku Penyakit Ginjal & Hipertensi terbitan Elexmedia Komputindo
Redaktur Koran Ginjal

Berita Terkait

Top