Watania: Kinerja Baik dan Loyalitas Adalah Kunci Meraih Sukses


MANADO, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Manado, Steven Tumiwa, S.Pd, M.Pd mengatakan, roling sejumlah kepala sekolah SD dan SMP di Kota Manado belum lama ini sudah sesuai aturan.
Meskipun diakui ada yang kecewa karena dimutasi bahkan sampai non job, tetapi itulah resiko sebagai seorang ASN yang diberikan kepercayaan, harus siap jika sewaktu waktu dimutasi.
Yang pasti, kata Steven, penilaian roling oleh pimpinan itu berbasis kinerja dan loyalitas.
Kepala Sekolah SD Inpres 03 Paniki Bawah, Maissje Treist Watania, S.Pd M.Pd ikut membagikan pengalamannya sebagai kepala sekolah.
Dikatakan, menjadi kepala sekolah itu yang paling utama menunjukkan kemampuan atau kompetensi berbasis kinerja. Namun yang tak kalah penting adalah loyalitas kepada pimpinan atau atasan.
“Kinerja dan loyalitas sangat penting untuk mencapai kesuksesan,” kata mantan Kepsek SDN 02 Manado.
Maissje termasuk Kepsek yang mampu beradaptasi dengan situasi perubahan kepemimpinan. Buktinya sudah beberapa kali pimpinan di Kota Manado berganti dengan warna yang berbeda, Watania tetap kokoh.
Bahkan roling belum lama ini ia tidak masuk gerbong yang dimutasi, padahal sudah sekitar 4 tahun ia memimpin SD Inpres 03 Paniki Bawah.
Namun bicara pengalaman kerja, Maissje yang mengawali karirinya sebagai kepala sekolah di SDN 89 Malendeng yang terletak di atas perbukitan, pernah memimpin SDN 55 Manado Perkamil selama kurang lebih 8 tahun.
Begitu juga di SDN 02 Manado, Kepsek penuh karisma ini menjabat Kepala Sekolah selama 7 tahun lebih lalu dimutasi ke SDI 03 Paniki Bawah tahun 2019 hingga kini.
“Paling cepat saya jadi Kepsek di SDN 89 yaitu hanya 2 tahun. Yang penting bekerja tulus meningkatkan kinerja dan loyal kepada pimpinan,” kata Maissje terus terang.
Hampir 40 tahun berkarir sebagai guru, Maisje akan memasuki masa purna bakti pada awal tahun 2024 nanti. “Saya ingin berbuat yang terbaik bagi satuan pendidikan yang dipercayakan. Harus meninggalkan sesuatu baik agar bisa dikenang,” pungkas Watania. (Meldi S)

Berita Terkait

Top