SDN 50 Manado Perkuat Kapasitas Tenaga Guru Hadapi OSN dan O2SN 2024


Manado, CahayaManado.com- Kepala SDN 50 Manado, Markus Darimin, S.Pd mengatakan, memasuki tahun 2024 pihaknya tetap fokus pada peningkatan kapasitas tenaga pengajar. Terutama penerapan kurikulum merdeka yang membutuhkan konsentrasi tenaga pendidik menghadapi siswa dengan sistem merdeka belajar dan merdeka mengajar.
Untuk itu pemanfaatan platform merdeka mengajar terus dimaksimalkan, bukan sekedar dibuka tetapi dipelajari dengan maksimal.
Begitu juga dengan penilaian kinerja guru dengan berbagai aksi nyata terus dipantau.
Dikatakan Darimin, kinerja guru menjadi kewenangan kepala sekolah. Makanya guru membuat program mengajar satu semester dan akan dipantau terus hingga bulan Juni yang semuanya melalui PMM.
Peningkatan kinerja guru terkait juga dengan mempersiapkan anak didik menghadapi Olimpiade Sains Nasional (OSN) dan 02SN.
Untuk kegiatan olahraga, Darimin akan fokus pada sejumlah cabang seperti bulu tangkis dan pencak silat.
Untuk Bulu Tangkis siswa SDN 50 pernah meraih juara tiga O2SN tingkat Kota Manado tahun 2023 lalu.
Namun yang jadi masalah di tahun 2024 adalah untuk kegiatan eskul olahraga,  pelatih harus dari luar agar bisa dibiayai dengan dana BOS. Sebab guru pendamping ASN tidak boleh lagi dibiayai dengan BOS. “Ini masalahnya yang menjadi dilema di semua sekolah. Yang namanya ASN tidak boleh terima honor dari BOS meskipun itu kegiatan di luar jam sekolah,” ungkap mantan Ketua K3S Kecamatan Bunaken Darat.
Pantauan media ini, berkat sentuhan tangan dingin Markus Darimin yang penuh inovasi dan kreativitas, SDN 50 Manado terus mengalami kemajuan.
Guru guru makin kompak dan terus berinovasi dalam mencerdaskan anak bangsa.
Tak heran kalau jumlah siswa terus bertambah dari tahun ke tahun kendati berada satu kompleks dengan SDN 03 dan SDN 07 Manado.
(MELDI S)

Berita Terkait

Top