SD GMIM 20 Manado Terapkan Pembelajaran Menyenangkan, Rosang Genjot Tenaga Pendidik


Manado, Cahayamanado.com- Pembelajaran yang bahagia dan menyenangkan bagi anak didik wajib diterapkan khususnya di tingkat sekolah dasar.
Selain kapasitas tenaga pendidik perlu digenjot, sarana dan prasarana penunjang juga penting dibenahi dan dilengkapi agar siswa betah dan senang berada di lingkungan sekolah.
Kepala SD GMIM 20 El Manibang Malalayang, Erni Rosang S.Pd ketika ditemui di kantornya mengatakan, pihaknya fokus menggenjot kompetensi tenaga pendidik agar bisa menerapkan pembelajaran yang bahagia dan menyenangkan, tentu dengan memanfaatkan platform merdeka mengajar (PMM) yang tersedia di aplikasi Kemendikbud.
Apalagi untuk menggenjot literasi membaca dan numerasi yang menjadi sorotan belakangan ini, amat bergantung pada kemampuan guru untuk melakukan Asesment diagnosa sebelum melakukan proses pembelajaran agar bisa memetakan kemampuan masing-masing siswa. “Tidak sama semua kemampuan siswa, makanya perlu dikelompokkan agar guru bisa fokus,” kata Rosang.
Dikatakan, SD GMIM 20 El Manibang Manado telah melaksanakan pembelajaran yang bahagia dan menyenangkan dengan cara menata ruang kelas menjadi menarik, kemampuan guru ditingkatkan, lingkungan sekolah dipercantik serta pengadaan sudut sudut baca di semua ruangan kelas dan tembok sekolah yang dipenuhi dengan literasi guna memancing minat siswa.
Bahkan pembelajaran lebih banyak menggunakan projektor agar siswa melek teknologi.
Fasilitas chroombook juga dimaksimalkan dengan memanfaatkan akun belajar yang sudah dimiliki semua siswa dan guru.
“Kami sudah memulainya dan kini tinggal fokus pada peningkatan kapasitas guru. Sebab semua tergantung tenaga pendidik guna memperbaiki rapor satuan pendidikan secara khusus SD GMIM 10 Manado dan Kota Manado pada umumnya.
Soal pembuatan pondok baca agar bisa dimanfaatkan para siswa saat jam istirahat, Rosang mengatakan pihaknya sedang mempersiapkannya dengan mencari lokasi yang tepat.
“Pondok baca menjadi prioritas utama pada awal tahun 2024 nanti,” pungkas Rosang yang sukses memajukan SD GMIM 20 Manado. (Meldi S)

Berita Terkait

Top