Ribuan Meubler Disalurkan Dikbud Manado, SMPN 13 dan 17 Dapat Jatah


MANADO, CahayaManado.com–Guna menunjang proses Kegiatan Belajar (KBM) di SD dan SMP, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Manado menyalurkan bantuan meubler baik untuk siswa, guru maupun kepala sekolah
Terpantau ribuan unit meubler telah disalurkan ke sejumlah satuan pendidikan dalam keadaan utuh.
Kepala SMPN 13 Manado, Theodora Louisa Uway, SPd, MPd ketika dihubungi lewat WA akhir pekan lalu mengatakan, pihaknya bersyukur bisa menerima bantuan dari pemerintah. “Kami dapat 90 unit meubler berupa meja dan kursi siswa serta meja dan kursi guru,” katanya.
Dikatakan, pihaknya sebenarnya berencana akan mengadakan meja kursi untuk siswa karena memang banyak yang sudah rusak serta meningkatnya jumlah siswa di SMPN 13 Manado.
Setiap tahun Theodora selalu menyisihkan dana BOS untuk pengadaan meja kursi.”Tetapi kami tidak menyangka tahun ini dapat bantuan,” katanya.
Selain meubeler, SMPN 13 juga mendapat bantuan pembangunan talud yang hancur akibat banjir beberapa waktu lalu.”Pekerjaan sudah rampung 100 persen,” tukasnya.
Tahun 2023 sejumlah SMPN memang mendapat bantuan rehab gedung dan pembangunan talud dengan nilai kontrak Rp 3 miliar lebih dana dana alokasi umum (DAU).
Pantauan media ini, SMPN yang dapat bantuan DAU untuk rehab dan bangun ruang kelas baru adalah SMPN 13, SMPN 7, SMPN 8 dan SMPN 17 Manado.
Kepala SMPN 17 Manado Kenny Etty Pande, SPd mengatakan, pihaknya mendapat bantuan 120 unit meubeler meja kursi bagi siswa dan sejumlah meja kursi untuk guru guru dan kepala sekolah. Sebab SMPN 17 Manado merupakan sekolah baru yang menerima murid tahun ajaran 2023/2024.


Selain meubeler, SMPN 17 Manado juga mendapat bantuan rehabilitasi empat ruangan kelas . “Sampai sekarang kami belum mendapat bantuan dana operasional. Padahal belum ada dana BOS karena sekolah baru,” kata mantan Kepsek SMPN 03 Manado yang terpaksa memberdayakan kantin sekolah untuk menopang kesejahteraan tenaga guru dan Tata usaha yang sebagian besar honorer. (Meldi S)

Berita Terkait

Top