Renungan Harian: Kamis 4 April 2024, Matius 28:7-8 Pergi Dan Katakanlah, Yesus Sudah Bangkit


Matius 28 : 7-8

Dan segeralah pergi dan katakanlah kepada murid-murid-Nya bahwa Ia telah bangkit dari antara orang mati. Ia mendahului kamu ke Galilea; di sana kamu akan melihat Dia. Sesungguhnya aku telah mengatakannya kepadamu.” Mereka segera pergi dari kubur itu, dengan takut dan dengan sukacita yang besar dan berlari cepat-cepat untuk memberitahukannya kepada murid-murid Yesus.

Salah satu tugas gereja adalah bersaksi. Gereja yang terus bersaksi adalah gereja yang hidup. Tugas kesaksian itu sekalipun tidak mudah dan terkadang diperhadapkan dengan berbagai tantangan, namun harus dilaksanakan dengan baik. Peran Roh Kudus untuk menuntun sangat diperlukan guna terus menerus menyaksikan tentang Yesus Kristus yang bangkit dan menang atas kuasa dosa dan maut.

Firman Tuhan hari ini, terdapat tugas pemberitaan yang diperintahkan oleh malaikat Tuhan untuk dilaksanakan oleh Maria Magdalena dan Maria yang lain sebagai penerima pertama dari berita kebangkitan Yesus Kristus. Perempuan-perempuan itu, disuruh pergi untuk memberitakan bahwa Yesus Kristus bangkit pertama-tama kepada murid-murid-Nya dan Dia mendahului kamu ke Galilea. Hal ini seperti yang pernah dikatakan Yesus Kristus kepada murid-murid-Nya sebelum peristiwa penyaliban (pasal 26:32). Berita ini sangat penting, karena itu harus segera disampaikan kepada murid-murid dengan tujuan supaya mereka dihiburkan dan mengalami kelegaan.

Maria Magdalena dan Maria lainnya begitu antusias melaksanakan tugas tersebut. Meskipun rasa takut masih berkecamuk di dalam diri mereka, namun dengan sukacita berlari untuk menyampaikan berita itu kepada murid-murid-Nya. Karena sesungguhnya berita yang mereka sampaikan itu adalah suatu kebenaran yang membawa keselamatan, bahkan peristiwa Kebangkitan Yesus Kristus memberi tempat kepada para perempuan untuk menjadi pemberita.

Sebagai keluarga Kristen, kita juga diberi tanggung-jawab untuk senantiasa membuka diri menjadi pemberita terutama memberitakan bahwa Yesus Kristus sudah bangkit. Sebab kabar tentang kebangkitan Yesus Kristus pasti membawa kelegaan di tengah kekuatiran dan ketakutan, setiap hati yang gelisah diberi ketenangan, setiap hati yang susah dihiburkan dan dikuatkan.

Karena itu, firman Tuhan hari ini menugaskan kita: “Pergi dan katakanlah Yesus sudah bangkit”; kebangkitan-Nya pasti mengubah hati sehingga diliputi sukacita besar. Amin

Doa: Ya Yesus Kristus, mohon pakailah kami untuk senantiasa menjadi alat kesaksian-Mu. Mampukanlah kami memberitakan bahwa Yesus Kristus sudah bangkit melalui kata dan perbuatan. (rhkgmim)

Berita Terkait

Top