Program Kinerja Guru SDN 02 Manado Disetujui, Lendo Getol Lahirkan Kader Terbaik


Manado, CahayaManado.Com- SDN 02 Manado kini mengalami kemajuan yang signifikan, baik mutu tenaga pendidik dan tenaga kependidikan, siswa maupun penataan lingkungan sekolah.
Apalagi sebagai barometer SDN di Kota Manado, SDN 02 wajib tampil beda.
Pantauan media ini, sejak dipimpin Kepala Sekolah Jooke Lendo, SPd, MPd, SDN 02 banyak mengalami perubahan, guru-guru makin kompak dan terus mendukung program sekolah dalam upaya mencerdaskan anak bangsa yang dimulai dari sekolah dasar.
Kepala SDN 02 Manado Jooke Lendo ketika ditemui di kantornya mengatakan, pihaknya sudah melakukan pembenahan di berbagai lini, mulai dari perubahan mindset tenaga pendidik untuk keluar dari zona nyaman dan menyesuaikan dengan kurikulum merdeka sambil memanfaatkan Platform Merdeka Mengajar (PMM).
Menurut Lendo, PMM dibuat oleh Kementrian Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi untuk menjadi teman penggerak bagi pendidik dalam mewujudkan profil pelajar Pancasila yang memiliki fitur belajar, mengajar dan berkarya.
PMM dalam kurikulum Merdeka membantu guru mendapatkan referensi , inspirasi dan pemahaman tentang kurikulum merdeka.
“Tenaga pendidik SDN 02 terpantau memanfaatkan PMM untuk meningkatkan kualitas diri sebelum menjalankan kewajiban mengajar,” ujar mantan Kepsek SDN 12 Manado.
Bahkan memasuki tahun 2024, para guru telah membuat program mengajar sepanjang satu semester dan disetujui oleh kepala sekolah. “Pelaksanan program mulai Februari dan evaluasi bulan Juni. Kinerja guru dinilai langsung oleh kepala sekolah,” ujar Lendo.
Selama menjadi kepala sekolah di beberapa satuan pendidikan, Lendo selalu menciptakan kader. Sebab baginya, keberhasilan seorang pemimpin adalah ketika dia mampu menciptakan kader terbaik.
Mantan Kepsek SD Tabita ini sukses menjadikan sejumlah guru sebagai kepala sekolah dan kini berhasil memimpin berbagai satuan pendidikan.
Terbukti Kepala Sekolah yang lahir dari binaan Lendo umumnya berhasil. “Kunci sukses sebagai pemimpin adalah loyal kepada atasan, berprestasi dan tidak tercela, ” ujar mantan Kepsek SDN 03 Manado.
Sejak memimpin SDN 02, Lendo yang pernah menjadi kepala sekolah teladan ini sukses melahirkan guru penggerak. Tahun lalu ada dua tenaga pendidik kami yang tembus guru penggerak, dan tahun ini ada 4 yang sedang mengikuti pendidikan. Mereka tinggal mengikuti tes wawancara dan praktek mengajar.
“Saya selalu mendorong anak buah untuk berkembang dan sukses,” tegasnya.
Lebih jauh Jooke Lendo mengatakan, tinggal 5 bulan lagi ia akan purna bakti. “Saya ingin meninggalkan sesuatu yang baik dan bermanfaat bagi generasi penerus. Saya selalu ingatkan bahwa yang terpenting adalah loyalitas, berprestasi dan tidak tercela, ” pungkas Lendo mengingatkan. (Meldi S)

Berita Terkait

Top