HUT PMI ke-78 Dirayakan di Kota Bitung


BITUNG,  CahayaManado.com–Walikota Bitung Ir.Maurits Mantiri M.M didampingi Ketua PMI kota Bitung Ny.Rita Mantiri Tangkudung, menghadiri acara peringatan HUT Palang Merah Indonesia (PMI) ke-78 Tahun. di Sport Hall & Convention Kota Bitung. Senin (25/9/2023).

Ketua PMI kota Bitung Ny.Rita Mantiri Tangkudung ST, menyampaikan pada tanggal 17 september merupakan hari yang bersejarah secara nasional terbentuknya organisasi kemanusiaan di indonesia. Dalam wadah Palang Merah Indonesia (PMI) yang sekarang berusia 78 Tahun.

Palang Merah Indonesia (PMI ) adalah perhimpunan nasional, salah satu komponen dari gerakan internasional Palang Merah dan Bulan Sabit Merah yang sekarang telah berusia 78-Tahun, jejaring organisasinya tersebar lebih dari 400 kota di seluruh Nusantara salah satunya PMI kota Bitung.

Mandat utama PMI adalah memberi bantuan kepada masyarakat dalam situasi darurat bencana alam atau ulah manusia disamping melaksanakan tugas pemerintah dalam donor darah sukarela, sebagai organisasi kemanusiaan.

PMI adalah milik masyarakat, untuk bergabung bersama PMI dalam semangat kedermawanan dan kerelawanan, keanggotaannya terbuka bagi semua golongan tanpa membeda-bedakan.
“Dan utuk itu kami atas nama Palang Merah Indonesia kota Bitung mengucapkan Dirgahayu PMI Ke-78 Tahun. Terus Melaju Untuk Indonesia Maju.”

Sementara itu dalam sambutan Walikota Bitung menyampaikan sesuai dengan visi pemerintah kota Bitung yaitu membangun masyarakat yang sehat secara jasmani, rohani dan sehat secara sosial, bekerja bersama bergotong royong, bekerja dengan cinta jauhkan kebencian.

Kegiatan ini dilanjutkan dengan pelantikan pengurus PMR Mula, Madya, Wira dan pembina PMR Se kota Bitung. Dan pengurus Forum Palang Merah Remaja Indonesia (Forpis) Kota Bitung.
Adapun penerimaan penghargaan Pendonor darah Aktif pada HUT PMI ke 78 Tahun. Antara lain, 100 kali sebanyak 1 orang , 50 kali Sebanyak 5 orang, 75 kali Sebanyak 2 orang, 25 kali sebanyak 1 dan 10 kali sebanyak 1 orang.
Serta dilakukan penandatanganan MOU bersama dengan perusahan-perusahan se kota Bitung. Hadir juga dalam acara Sekretaris PMI sulut. Dr. Mercy Rampengan bersama pengurus, unsur Forkopimda kota Bitung, serta para pimpinan direksi perusahan. Para kepala sekolah serta siswa SMP, SMP dan SD se kota Bitung. (Ric)

Berita Terkait

Top