10.1 C
London
Minggu, Mei 16, 2021

Pemdes Lansot Timur Gelar Rolling Perangkat Desa

- Advertisement -
- Advertisement -

TARERAN, CAHAYAMANADO – Perangkat desa adalah unsur staf yang membantu Hukum Tua dalam membuat penyusunan kebijakan dan pelaksanaan kebijakan di Desa.

Peran perangkat desa sangat penting dalam sistem pemerintahan desa. Menyadari hal tersebut Pemerintah Desa Lansot Timur melalui Pejabat Hukum Tua Hard Karamoy melakukan Rolling perangkat desa.

Rolling atau mutasi perangkat desa ini bertujuan untuk penyegaran dalam pelaksanaan tugas-tugas perangkat Desa Lansot Timur.

Menurut Hukum Tua Lansot Timur Hard Karamoy, dalam Permendagri Nomor 67 Tahun 2017 tentang Pengangkatan dan Pemberhentian Perangkat Desa, Perangkat desa diangkat oleh Kepala Desa dari warga desa yang telah memenuhi persyaratan yang telah ditentukan salah satunya bersifat khusus dengan memperhatikan hak asal usul dan nilai sosial budaya masyarakat desa setempat dan syarat lain yang ditetapkan dalam peraturan daerah.

“Untuk mewujudkan program desa, Hukum Tua berhak mencari dan memilah kembali anggota perangkat atau mutasi perangkat desa. Mutasi perangkat desa adalah perpindahan posisi jabatan perangkat desa yang dilakukan oleh kepala desa sebagai upaya penyegaran dalam pelaksanaan tugas-tugas perangkat desa. Dan perlu diketahui bahwa mutasi ini sudah sesuai aturan yang berlaku,” jelas Hukum Tua Hard Karamoy dalam sambutannya ketika melantik dan mengambil sumpah perangkat desa yang dimutasi, Selasa (27/4/2021).

Selain itu, mutasi ini juga dilakukan dalam rangka penyesuaian struktur baru organisasi pemerintahan desa. Pergantian jabatan/mutasi perangkat desa merupakan dinamika dalam sebuah organisasi sebagai bagian dari wujud pengembangan organisasi dan peningkatan penyegaran jabatan serta dalam rangka memaksimalkan pelaksanaan pembangunan dan pelayanan kepada masyarakat desa.

Di kesempatan tersebut Camat Tareran Fibry Wawolangi menyampaikan bahwa tugas dan pekerjaan yg diberikan harus dijalankan dengan sungguh-sungguh, sebaik mungkin dan sejujur-jujurnya.

Suatu kepercayaan sudah diberikan kepada para perangkat desa baru dilantik dan jangan merasa ada beban karena kita bersama bertujuan memajukan desa Lansot Timur tercinta,” tutur Camat.

Sementara itu, Sekdes yang baru Andhika Prang mengatakan bahwa siap melaksanakan tugas yang diberikan dan dirinya berharap seluruh perangkat desa bisa bekerja sama untuk mewujudkan Desa Lansot Timur yang hebat.

Acara yang menerapkan protokol kesehatan ini dihadiri dari seluruh lembaga desa dan tokoh masyarakat, Kapolsek Betsy Lumi, serta Camat Fibry Wawolangi.

(DArK)

- Advertisement -

Latest news

- Advertisement -

Related news

- Advertisement -

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here