Beranda KPU Tomohon Lasut: Partisipasi Masyarakat Tomohon Untuk Memilih Diatas 90 persen

Lasut: Partisipasi Masyarakat Tomohon Untuk Memilih Diatas 90 persen

0
Lasut: Partisipasi Masyarakat Tomohon Untuk Memilih Diatas 90 persen
Ketua KPU Tomohon, Drs Harryanto YS Lasut MAP (Foto Ist)

Tomohon,CM- Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak tahun 2020 telah usai. Partisipasi pemilih pada pemilihan gubernur (Pilgub) dan pemilihan walikota (Pilwako)  di daerah itu yang mencapai angka di atas 90 persen. Dengan hasil perolehan atau persentase suara Pilgub yang menyentuh angka 91, 53 persen dengan jumlah pemilih 68.557 orang.

Ketua Komisi Pemihian Umum (KPU) Kota Tomohon Harryanto Lasut mengatakan, jumlah tersebut membuktikan kalau kesadaran warga pemilih menggunakan hak suara telah tinggi. Menurut dia, tingginya persentase suara juga terlihat dari hasil Pilwako Tomohon yang mencapai 91,37 persen dengan 68.404 pemilih.

“Informasi yang diterima persentase pemilih di Kota Tomohon masuk tiga besar di Sulawesi Utara (Sulut). Artinya masyarakat sangat antusias untuk menyalurkan hak pilih mereka meski saat pemilihan 9 Desember, Kota Tomohon masuk zona merah penyebaran COVID-19,” ujar Lasut, (16/12/20).

Selain itu ia juga memberi apresiasi kepada semua pihak yang mensukseskan tahapan pemungutan  dan penghitungan suara , mulai dari KPPS, PPS, PPK hingga jajaran Bawaslu serta pihak TNI/Polri,dengan mengedepankan penerapan protokol kesehatan.

“Pelaksanaan Pilkada serentak 2020 diperhadapkan dengan pandemi COVID-19 hingga pelaksanaannya sangat berbeda karena harus menerapkan protokol kesehatan sangat ketat. Bersyukur hingga saat ini tidak terdengar adanya klaster Pilkada,” kunci Lasut. (MiRa)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here