15.9 C
London
Selasa, Oktober 19, 2021

Pengelolaan Keuangan Desa di Minsel Diapresiasi

- Advertisement -
- Advertisement -

MINSEL, CAHAYAMANADO – Inovasi Pemkab Minsel merangsang desa mengelola keuangan secara transparan dan akuntabel mendapat apresiasi.

Hal itu terbukti dengan diberikannya penghargaan sebagai Kabupaten yang berhasil dalam pengelolaan keuangan desa.

Penghargaan ini diberikan oleh Pjs Gubernur Sulut Agus Fatoni dan diterima oleh Pjs Bupati Meki Onibala, Rabu (2/12).

Sementara itu Hendrie Lumapow Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Minsel yang menaungi tentang pengelolaan keuangan desa mengatakan, dalam upaya pencegahan dan menghindari terjadinya praktik korupsi dan penyalahgunaan dalam pengelolaan keuangan desa, PMD Minsel selalu membimbing, membina serta mengarahkan.

“Berbagai kebijakan sudah dilakukan dalam pengelolaan keuangan Desa. Selain itu, sistem pengelolaan Dana Desa sudah terkoneksi dengan OMSPAM yang diawasi langsung oleh Kementerian Keuangan RI,” tutur Lumapow.

Selain itu Pemkab Minsel juga meningkatkan peran Inspektorat dengan mengawasi dan mengaudit seluruh desa di Kabupaten Minsel.

“Seluruh desa dalam proses perencanaan, pelaksanaan dan pelaporan keuangannya semua sudah berbasis Aplikasi SISKEUDES yang langsung terkoneksi ke Kemendagri,”ungkap Lumapow lagi.

Dia menambahkan kepatuhan menjadi salah satu hal terpenting dalam pengelolan keuangan Desa. Dimulai dari perencanaan, pelaksanaan, penatausahaan, pelaporan, dan pertanggungjawaban peran serta masyarakat.

(DArK)

- Advertisement -

Latest news

- Advertisement -

Related news

- Advertisement -

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here