7.3 C
London
Jumat, Mei 7, 2021

Dokal: Proses Distribusi Surat Suara Pilwako Diawasi Ketat

- Advertisement -
- Advertisement -

Tomohon,CM- Proses pendistribusian surat suara Pemilihan Walikota dan Wakil Walikota (Pilwako) Tomohon diawasi ketat. Mulai dari pencetakan, gudang penyimpanan hingga lalu lintas Susu ke pelabuhan. Hal ini dibenarkan Koordinator Divisi Sosialisasi, Hubungan Masyarakat dan Hubungan Antar Lembaga Badan Pengawas Pemilu Kota Tomohon, Irvan Dokal SH, Jumat (20/11).

Dijelaskannya, awalnya informasi soal lokasi pencetakan berada di PT Temprina Jember. Namun setelah di kroscek, ternyata dipindah di PT Temprina Surabaya. Lantaran gedung penyimpanan di Surabaya tidak representatif, logistik Susu yang sudah dicetak disimpan di PT Temprina Gresik, 15-16 November 2020. Kemudian, pada 17 November 2020, logistik Susu sudah mulai didistribusikan ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) kabupaten/kota yang menyelenggarakan pemilihan kepala daerah (Pilkada. Itu melalui jalur darat dan laut. Tanggal 18 November 2020, logistik Pilwako sudah dimuat ke kapal laut di Pelabuhan Surabaya. Sesuai rencana, Susu tiba di Pelabuhan Bitung pada 21 November 2020.

“Kami memastikan, proses bongkar muat surat suara di Pelabuhan Bitung hingga tiba di Kantor KPU Kota Tomohon diawasi ketat” sebut Dokal kepada wartawan media ini saat menghadiri giat bimbingan teknis Panitia Pengawas Pemilu Kecamatan di Hotel Wise Kamasi.

Diakuinya, pengawasan harus dilakukan pada proses pendistribusian mulai dari pabrik pencetakan, gedung penyimpanan, bongkar muat di kapal dan sampai di gudang KPU Kota Tomohon. Prosedurnya dilaksanakan sesuai tata cara dan mekanisme yang diatur dalam Peraturan KPU. “Perjalanan logistik surat suara dari perusahaan pencetakan memang cukup jauh. Sehingga, kami melaksanakan pengawasan melekat secara langsung,” pungkas Dokal. (MiRa)

- Advertisement -

Latest news

- Advertisement -

Related news

- Advertisement -

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here