Beranda Kesehatan Prestasi Tangguh JFE, Hadirkan Laboratorium khusus Covid di Tomohon

Prestasi Tangguh JFE, Hadirkan Laboratorium khusus Covid di Tomohon

Tomohon,CM- Pemerintah Kota Tomohon di bawah kepemimpinan Wali Kota Jimmy Feidie Eman, SE Ak CA (JFE) sangat serius memutus penyebaran virus Corona. Berbagai upaya digenjot, salah satunya menghadirkan Laboratorium khusus Covid-19.

Sekretaris Daerah Kota (Sekdakot) Tomohon Ir. Harold V Lolowang, M.Sc menanggapi hal ini mengakui bahwa Pemerintah sangat cerdas dan serius memutus mata rantai Covid-19.

“Pemerintah Kota Tomohon yang dipimpin oleh Wali Kota JFE kembali mengukir satu Prestasi Tangguh, sebelumnya  boleh menghadirkan Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) yang tak kalah bersaing dengan RS swasta lainya. Saat ini beliau (Wali Kota- red)  kembali membangun Laboratorium khusus Covid milik Pemerintah Daerah,  hanya ada di Kota Tomohon serta perdana dari 15 Kabupaten/Kota di Sulawesi Utara (Sulut).” Jelas Lolowang, kepada wartawan media ini, Kamis (19/11).

“Tujuan pembangunan Lab Covid-19 adalah untuk mempercepat pemeriksaan swab. Hasilnya tidak menunggu lama lagi, seperti saat sampel di kirim ke Laboratorium yang ada di Luar Kota Tomohon atau Sulut.” Jelas Lolowang.

Lanjutnya, “Sumber Pembiayaan pembangunan Laboratorium ini berjumlah 1,7 Miliar, untuk pembangunan fisik bangunannya dan alat Lab 6 Miliar bersumber dari Dana Insentif Daerah (DID) bidang Kesehatan. Ruangannyapun harus dengan tekanan negative dan kapasitas kecepatan pemeriksaan 92 Sampel hasil Swab/ hari.”  aku Lolowang.

Sementara Sekretaris Dinas Jhon Kereh secara teknis menjelaskan bahwa pada bulan Agustus lalu, pembangunan dimulai, dan ditargetkan akan selesai pada 2 Desember 2020. ” Saat ini progress pembangunan sudah memasuki 80 persen, bulan November ini alat Laboratorium di kirim. Selain itu tenaganya ada 3 orang yang sementara dilatih di Balai Teknik Kesehatan Lingkungan dan Pengendalian Penyakit (BTKL-PP) Kelas 1 Manado.” kata Kereh.

“Dengan hadirnya Laboratorium Covid di Tomohon, dinilai paling lengkap di Sulut dan terstandarisasi, Serta pembangunannya dibimbing oleh Kementerian Kesehatan RI. Pastinya hasilnya lebih cepat mengetahui apakah Positif atau Negatif Covid. ” Jelas Kereh, sembari mengakui Pembangunan Laboratorium khusus Covid ini, dikawal serta diawasi ketat oleh pihak Kepolisian dan Kejaksaan. (MiRa)

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Purna Praja Berduka, Mayoret Angkatan XVII Itu Sudah Mendahului

Selamat Jalan Orang Baik Gledyes Tadete, SSTP....    Oleh : Altin Sualang, SSTP, MPA.     Dewasa, tangguh dan keibuan. Itu kesan pertama saya kepada Edys, begitu dia biasa...

‘Maremu’ Spesialis Gereja Berhasil Diciduk Tim Totosik dan Waruga

CahayaManado.com- Setelah sekian lama, pasca dilaporkan ke Polres Tomohon bahwa pencurian di tempat ibadah marak terjadi di Sulawesi Utara (Sulut) khususnya di Kota Tomohon,...

Cemarkan Nama Baik VB, Pemilik Akun Leddy Sangi Terancam Dibui

Tomohon,CM- Pemilihan Waki Kota dan Wakil Wali Kota Tomohon tahun 2020 sudah semakin dekat. Tensi sejumlah Pengguna akun di Media Sosial sudah semakin meninggi. Imbasnya,...

Terpilih Aklamasi, MJLW ‘Nakhodai’ Golkar Tomohon Periode 2020-2025

CahayaManado.com- Secara Aklamasi Miky Junita Linda Wenur (MJLW), terpilih sebagai Ketua Dewan Pimpinan Daerah (DPD) II Partai Golongan Karya (Golkar) Tomohon. Srikandi Kota Tomohon terpilih...