11.1 C
London
Rabu, September 29, 2021

Pettalolo Ingatkan Bawaslu Tomohon Terkait Empat Kerawanan Pilkada

- Advertisement -
- Advertisement -

Tomohon,CM- Anggota Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Dr Ratna Dewi Pettalolo SH MH melakukan kunjungan kerja ke Bawaslu Kota Tomohon, Senin (2/11). Koordinator Divisi Penindakan Bawaslu itu mengatakan, dalam pelaksanaan pemilihan kepala daerah (Pilkada) 9 Desember mendatang, terdapat beberapa kerawanan yang harus diantisipasi oleh jajaran Bawaslu.

“Kerawanan pertama terkait kesehatan. Di tengah pandemi COVID-19 pelanggaran protokol kesehatan sangat tinggi. Medio 26 September-5 Oktober sudah ada 23 dugaan  pelanggaran yang masuk,” katanya.

Penerapan protokol kesehatan, lanjut Ratna bukan persoalan yang mudah. Karena berkaitan dengan kebiasaan masyarakat. Itu sebabnya kata dia, sosialisasi harus terus dilakukan kepada masyarakat, tim dan pasangan calon terkait protokol kesehatan.

Potensi pelanggaran kedua, beber Ratna soal bantuan sosial. Sering pasangan calon memanfaatkan Bansos untuk kepentingan kontestasi. Kerawanan selanjutnya yakni politik uang dan pelanggaran netralitas ASN.

“Berbagai kerawanan tersebut harus diawasi. Tapi ingat, keberhasilan bukan pada angka pelanggaran yang tinggi, melainkan pencegahan. Bila sudah ada upaya pencegahan, baru pada penindakan,” kuncinya.

Dalam kesempatan tersebut, Ratna yang didampingi Ketua Bawaslu Sulut Dr Herwyn Malonda dan jajaran meninjau ruangan kerja Sentra Gakkumdu.

Ketua Bawaslu Kota Tomohon Deisy Soputan SPd MHum menyampaikan terima kasih atas kunjungan Bawaslu yang boleh memberikan arahan dan penguatan dalam melaksanakan tugas pengawasan.

“Apalagi dalam pelaksanaan Pilkada di tengah pandemi COVID-19 yang perlu pengawasan ekstra dan berbeda,” kunci Soputan didampingi anggota Bawaslu Kota Tomohon Irvan Dokal SH dan Steffen Linu SS MAP. (MiRa)

- Advertisement -

Latest news

- Advertisement -

Related news

- Advertisement -

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here