12.3 C
London
Rabu, September 29, 2021

Diujipublik, KPU Minta Tanggapan Masyarakat Calon Anggota KPPS

- Advertisement -
- Advertisement -

Tomohon,CM- Setelah proses seleksi administrasi pada tahapan perekrutan, ribuan calon anggota Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) kini menjalani uji publik. Nama-nama calon pun dipampang di kantor-kantor kelurahan atau di sekretariat Panitia Pemungutan Suara (PPS). Sesi uji publik ini berlangsung mulai 21-28 Oktober 2020.

Komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Tomohon, Ketua Divisi Sosialisasi, Sumber Daya Manusia dan Partisipasi Masyarakat, Stenly Jerry Kowaas SP meminta, masyarakat untuk mengecek jejak rekam setiap calon anggota KPPS.

“Kami butuh tanggapan publik terkait calon KPPS. Jangan sampai ada yang ternyata tidak memenuhi syarat, lantas bisa menjadi anggota. Misalnya sebagai pengurus partai politik, atau tim sukses salah satu pasangan calon. Apalagi kewenangan perekrutan KPPS ada di PPS bukan KPU,” ujar Kowaas.

Kowaas tidak menginginkan, ketika KPPS sudah dilantik, tapi akhirnya ada protes dari masyarakat. Kata dia, 8 hari untuk uji publik adalah waktu yang panjang. Untuk itu Kowaas mengimbau agar publik bisa memanfaatkan sebaik-baiknya waktu yang diberikan dalam proses uji publik di atas.

“Semua PPS diwajibkan menempel nama-nama calon anggota KPPS di sekretariat masing-masing. Masyarakat dipersilahkan untuk menyampaikan masukan atau melaporkan jika ada nama-nama yang terindikasi tidak memenuhi syarat. (MiRa)

- Advertisement -

Latest news

- Advertisement -

Related news

- Advertisement -

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here