11.1 C
London
Rabu, September 29, 2021

Lasut: Pilkada 2020 KPU Menetapkan 73.633 DPT

- Advertisement -
- Advertisement -

Tomohon, CM- Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Tomohon telah menetapkan Daftar Pemilih Tetap (DPT) untuk pemilihan kepala daerah (Pilkada) serentak tahun 2020.

Hal tersebut dikatakan oleh Ketua KPU Tomohon Drs Harryanto Lasut MAP kepada sejumlah wartawan, Kamis (15/10), di ruang media center. Sebanyak 73.633 pemilih tetap diputuskan melalui rapat pleno penetapan DPT, “Sesuai dengan keputusan dalam rapat pleno terbuka, jumlah DPT yakni 73.633,” kata Lasut.

Menurutnya, terjadi peningkatan sekira 3 persen dari DPT terakhir. Sebelumnya, untuk jumlah DPT pada pemilihan legislatif dan pemilihan Presiden 2019 yaitu 70.969. “Jika dihitung terjadi peningkatan sampai 2.664 pemilih dari DPT terakhir saat pemilu 2019,” ujar Lasut.

“Sesuai dengan bertambahnya pemilih pemula. Serta dengan dilakukan pemuktahiran data, jadi wajar kalau ada penambahan sampai 2 ribu lebih,” lanjutnya.

Lasut menambahkan, untuk warga yang tak masuk DPT masih bisa menggunakan hak suaranya. “Asalkan dengan syarat wajib menunjukan surat resmi kependudukan atau surat keterangan dari Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kota Tomohon,” tambahnya.

“KTP atau Sukket (Surat Keterangan) wajib dibawa bagi warga yang namanya tak masuk DPT. Nanti akan dimasukan dalam Daftar Pemilih Tambahan,” tutup Lasut. (MiRa)

- Advertisement -

Latest news

- Advertisement -

Related news

- Advertisement -

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here