8.5 C
London
Minggu, Mei 16, 2021

Lakukan Pergantian Pejabat dan 27 Hukum Tua, Onibala Dinilai Tabrak Aturan

- Advertisement -
- Advertisement -

MINSEL, CAHAYAMANADO – Pejabat Sementara (Pjs) Bupati Minahasa Selatan Meki Onibala melakukan pergantian pejabat dan 27 Hukum Tua, Senin (12/10).

Kebijakan kontroversi ini dinilai menabrak aturan dan dipertanyakan sejumlah kalangan karena Meki Onibala dinilai sudah melangkahi wewenang Kemendagri.

Hal ini sangat disesali oleh Rommy Poli anggota DPRD Minsel, Selasa (13/10).

Menurut Ketua Fraksi Golkar DPRD Minsel tersebut dalam aturan Kemendagri RI, Pejabat Sementara baik itu Gubernur, Wali Kota dan Bupati bisa melakukan pergantian setelah mendapat persetujuan dari Menteri Dalam Negeri.

“Pejabat definitif yang dipilih rakyat saja dilarang UU untuk melakukan penggantian jabatan. Apalagi ini hanya Pjs yang kewenangannya sangat dibatasi oleh aturan,’ terang Poli.

“Ketentuan ini diatur jelas dalam pasal 132A PP Nomor 49 tahun 2008 tentang perubahan ketiga atas peraturan pemerintah Nomor 6 Tahun 2005 tentang Pemilihan, Pengesahan, Pengangkatan dan Pemberhentian Kepala Daerah dan Wakil Kepala Daerah,” jelas Poli.

Dia menambahkan, Pjs Bupati Minsel harusnya membawa angin kesejukan di daerah ini karena akan menggelar pilkada baik kabupaten dan provinsi serta tidak membuat gaduh.

“Pjs Bupati seharusnya tidak melakukan kebijakan-kebijakan kontroversi dan dapat menjalankan pemerintahan di Minahasa Selatan sesuai aturan hukum yang berlaku, serta utamakan tugas  untuk menyukseskan agenda pilkada,” ungkap Poli lagi.

 

Seperti diketahui Pjs Bupati Minsel Meiki Onibala pada Sebin (12/10/2020) malam sudah melantik 27 pejabat Hukum Tua baru, Plt Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Plt Camat Motoling Timur serta jajaran Direksi Perusahaan Daerah Cita Waya Esa.

Acara pelantikan ini terkesan dipaksakan karena persiapan yang minim, serta pejabat hukum tua yang dilantik tidak memakai jas putih.

Sementara itu Meiki Onibala yang coba dikonfirmasi sejak Senin malam hingga saat ini melalui telepon seluler miliknya tapi tidak berada dalam keadaan aktif.

 

(DArK)

- Advertisement -

Latest news

- Advertisement -

Related news

- Advertisement -

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here