17.7 C
London
Selasa, Oktober 19, 2021

Lasut-Soputan Tertibkan APK Paslon Tak Sesuai Aturan

- Advertisement -
- Advertisement -

Tomohon,CM- Tahapan Kampanye akan pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak telah dimulai pada tanggal 26 Sebtember 2020 lalu. Penyelenggara Pemilu KPU bersama dengan Bawaslu Kota Tomohon melakukan penertiban Alat Peraga Kampanye (APK) yang tidak sesuai dengan aturan.

Penertiban sekaligus penurunan APK berupa Baliho Calon dan Bendera Partai ini dilakukan secara simbolis di Kelurahan Walian, Kecamatan Tomohon Selatan, Rabu (30/9/20), yang saksikan langsung oleh Ketua dan anggota KPU, Bawaslu serta dari Satuan Polisi Pamong Praja (Sat Pol PP) Kota Tomohon.

Sementara Penertiban sekaligus penurunan APK dilakukan langsung liaison officer (LO) dari pasangan Jilly Gabriella Eman – Virgie Baker (JGE-VB), Caroll Senduk – Wenny Lumentut (CS-WL) dan Robert Pelealu – Fransiskus Soekirno (ROSE).

Usai penertiban KPU Kota Tomohon, Drs Harryanto YS Lasut MAP kepada sejumlah awak media menjelaskan, ” Kegiatan yang dilakunan ini adalah sikap inisiatif pihaknya bersama LO semua Paslon yang telah berkomitmen untuk penyelenggaraan Pemilu yang sesuai aturan. Dimana, pada periode kampanye selama 71 hari, KPU berkerja sama dengan Bawaslu dalam kerangka penertiban APK.” jelas Lasut.

Lanjutnya, “Apresiasi yang baik dari penyelenggara kepada semua Paslon yang telah berinisiatif melakukan dan melaksanakan segala tahapan pesta demokrasi yakni pada pilkada serentak dengan aturan yang berlaku.” ungkap Lasut didampingi Komisioner KPU Tomohon Kepala Divisi Sosialisasi, Sumber Daya Manusia dan Partisipasi Masyarakat, Stenly Jerry Kowaas SP.

Sementara, Ketua Bawaslu Tomohon, Deisy Soputan SPd MHum didampingi Koordinator Divisi Pengawasan Humas dan Hubal, Irvan Dokal SH mengatakan, “Sebelumnya pihak Bawaslu telah menyampaikan kepada LO Paslon terkait penertiban dan penurunan akan APK ini. Untuk itu, dengan dilakukan penurunan APK secara simbolis pada hari ini, besok Kamis 1 Oktober, kami akan melakukan pemantauan akan APK yang dipasang tidak sesuai aturan.” tegas Soputan.

Hadir dalam kegiatan ini, Komisioner KPU Tomohon, Kepala Divisi Hukum, Andre J Wowor dan Satuan Polisi Pamong Praja Kota Tomohon. Termasuk para LO Paslon JGE-VB, CS-WL dan ROSE. (MiRa)

- Advertisement -

Latest news

- Advertisement -

Related news

- Advertisement -

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here