16.3 C
London
Senin, Juli 26, 2021

Teken Pakta Integritas, JGE-VB Berkomitmen Patuhi Protokol Covid-19

- Advertisement -
- Advertisement -

Tomohon,CM- Pasangan Calon (Paslon) Wali Kota Jilly Gabriela Eman, SE MM (JGE) dan Wakil Wali Kota Tomohon Virgie Baker SS M.Si (VB) melakukan Penandatanganan Pakta Integritas dalam rangka Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak tahun 2020.

Pakta Integritas ini ditandatangani langsung JGE-VB, disaksikan oleh pimpinan Penyelenggara pemilu yakni Ketua KPU Haryanto Lasut MAP, Ketua Bawaslu Deisy Soputan SPd M Hum, beserta Kapolres Kota Tomohon AKBP Bambang Azhari Gatot, SIK MH, bersama dengan jajaran, yang dilaksanakan bertempat di Cafe Lemonggrass, Senin (28/9/20).

Usai kegiatan kepada sejumlah awak media Jilly menjelaskan, “Saya dan ibu Virgie telah menandatangani pakta integritas sesuai yang diatur pada PKPU nomor 13 tahun 2020. Untuk itu, kami Paslon JGE-VB bersama konstituen siap menyepakati serta berkomitmen untuk mematuhi dan menindaklajuti aturan protokol kesehatan pencegahan covid-19 pada pelaksanaan Kampanye di Pilkada nanti.” aku srikandi Kota Bunga yang selalu ramah kepada siapa saja.

Sementara Virgie memberikan apresiasi kepada penyelenggara Pemilu bersama pihak Polres yang telah melaksanakan penandatanganan Pakta Integritas terkait Peraturan KPU (PKPU) nomor 13 tahun 2020.

“Maka dengan adanya PKPU nomor 13 tahun 2020 ini, sudah mengatur secara ketat dalam rangka pencegahan Covid-19. Oleh karena itu, sangat diharapkan kepada masyarakat pada acara tertentu nantinya, ketika mengundang dan melakukan foto bersama paslon agar menaati aturan PKPU nomor 13 ini yakni salasatunya wajib menggunakan masker.” ujar Virgie.

Virgie juga memohon kepada seluruh masyarakat agar dapat di mengerti, sehingga kita semua dapat terbebas dari pandemi Covid-19 ini.

Perlu diketahui, berikut beberapa hal yang harus diperhatikan sesuai yang diatur pada PKPU 13 Tahun 2020:

1. Kampanye Pemilihan Serentak dapat dilaksanakan dengan metode:

a. pertemuan terbatas,

b. pertemuan tatap muka dan dialog,

c. debat publik atau debat terbuka antar Pasangan Calon,

d. penyebaran bahan Kampanye kepada umum,

e. pemasangan Alat Peraga Kampanye,

f. penayangan Iklan Kampanye di media massa cetak, media massa elektronik, Media Sosial, dan/atau Media Daring,

g. kegiatan lain yang tidak melanggar larangan Kampanye dan ketentuan peraturan perundang-undangan.

2. Utamakan metode Kampanye pertemuan terbatas dan pertemuan tatap muka dan dialog dilakukan melalui Media Sosial dan Media Daring.

3. Dalam hal pertemuan terbatas dan pertemuan tatap muka dan dialog sebagaimana dimaksud, tidak dapat dilakukan melalui Media Sosial dan Media Daring, dapat dilakukan dengan ketentuan sebagai berikut:

a. dilaksanakan dalam ruangan atau gedung; b. membatasi jumlah peserta yang hadir secara keseluruhan paling banyak 50 (lima puluh) orang dan memperhitungkan jaga jarak paling kurang 1 (satu) meter antarpeserta Kampanye sebagaimana dimaksud, serta dapat diikuti peserta Kampanye melalui Media Sosial dan Media Daring;

c. wajib menggunakan alat pelindung diri paling kurang berupa masker yang menutupi hidung dan mulut hingga dagu;

d. menyediakan sarana sanitasi yang memadai pada tempat dilaksanakannya kegiatan paling kurang berupa fasilitas cuci tangan dengan air mengalir dan sabun, dan/atau cairan antiseptik berbasis alkohol (handsanitizer);

e. wajib mematuhi ketentuan mengenai status penanganan Corona Virus Disease 2019 (COVID-19) pada daerah Pemilihan Serentak Lanjutan setempat yang ditetapkan oleh pemerintah daerah dan/atau Gugus Tugas PercepatanPenanganan Corona Virus Disease 2019 (COVID-19).

4. Dilarang Kampanye dalam bentuk:

a. rapat umum,

b. kegiatan kebudayaan berupa pentas seni,
panen raya, dan/atau konser musik,

c. kegiatan olahraga berupa gerak jalan santai, dan/atau sepeda santai,

d. perlombaan,

e. kegiatan sosial berupa bazar dan/atau donor darah,

f. peringatan hari ulang tahun Partai Politik.

5. Dilarang mengikutsertakan balita, anak-anak, ibu hamil atau menyusui, dan orang lanjut usia dalam kegiatan Kampanye yang dilakukan melalui tatap muka secara langsung. (MiRa)

- Advertisement -

Latest news

- Advertisement -

Related news

- Advertisement -

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here