Beranda SULUT Masyarakat Langgar  Protokol Kesehatan Akan Dapat Sangsi Tegas

Masyarakat Langgar  Protokol Kesehatan Akan Dapat Sangsi Tegas

Tomohon,CM- Pandemi Corona Virus Disease 2019 (COVID-19) masih belum berakhir, Pemerintah Kota Tomohon melalui Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 mengajak seluruh masyarakat untuk terus berdoa, memohon kepada TUHAN Yang Maha Kuasa agar ini segera berlalu.

Bagi warga masyarakat yang bermaksud menyelenggarakan
kegiatan yang berpotensi mengumpulkan banyak orang di satu lokasi di wilayah Kota Tomohon, dimintakan kerja sama yang baik untuk terlebih dahulu menyampaikan pemberitahuan tertulis kepada Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Pemerintah Kota Tomohon untuk dikaji dan dikeluarkan rekomendasi bagi penyelenggaraannya.

Walikota Tomohon telah mengeluarkan Peraturan Walikota Tomohon nomor 28 Tahun 2020 tertanggal 1 September 2020 tentang Penerapan Disiplin dan Penegakan Hukum Protokol Kesehatan Sebagai Upaya Pencegahan dan Pengendalian Corona Virus Disease 2019, yang salah satunya mengatur tentang kewajiban setiap warga masyarakat untuk menggunakan alat pelindung diri berupa masker jika harus keluar rumah atau berinteraksi dengan orang lain yang tidak diketahui status kesehatannya, mencuci tangan secara teratur menggunakan sabun dengan air mengalir, membatasi interaksi fisik dengan orang lain, dan/atau meningkatkan daya tahan tubuh dengan menerapkan perilaku hidup bersih dan sehat.

Bagi yang melanggar ketentuan ini, akan dikenakan sanksi administratif berupa teguran lisan, teguran tertulis, kerja sosial, dan/atau denda administratif sebesar Rp. 100.000,- (seratus ribu rupiah) yang langsung disetorkan ke Kas Daerah.

Penerapan penindakan/pemberian sanksi dilaksanakan oleh pemerintah bersama TNI/POLRI. Merujuk pada Surat Edaran Menteri Kesehatan nomor HK.02.01/MENKES/199/ 2020 tertanggal 12 Maret 2020 tentang Komunikasi Penanganan Coronavirus Disease 2019 (COVID-19), maka Gugus Tugas kembali meminta kerjasama yang baik dari semua pihak yang mengetahui/mempunyai data dan identitas pribadi pasien COVID-19 (seperti nama dan alamat lengkap) untuk tidak mempublikasikan atau menyebarluaskannya kepada masyarakat demi menghindari stigma negatif dan diskriminasi terhadap pasien maupun keluarganya.

Terkait pengambilan spesimen Swab Test, Gugus Tugas juga meminta kerjasama yang baik dari warga masyarakat yang telah diambil spesimennya untuk membatasi kontak dengan orang lain sampai diterimanya hasil pemeriksaan laboratorium.

Kepada seluruh masyarakat, Pemkot Tomohon mengharapkan untuk tetap mematuhi himbauan pemerintah dengan tetap disiplin menerapkan protokol kesehatan seperti menjaga jarak, menghindari kontak fisik, menghindari kerumunan, selalu menggunakan masker saat beraktifitas di luar rumah, rajin mencuci tangan dengan sabun di air mengalir atau menggunakan hand sanitizer, dan tingkatkan imunitas tubuh masing-masing, karena mencegah lebih baik daripada mengobati. (MiRa)

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Purna Praja Berduka, Mayoret Angkatan XVII Itu Sudah Mendahului

Selamat Jalan Orang Baik Gledyes Tadete, SSTP....    Oleh : Altin Sualang, SSTP, MPA.     Dewasa, tangguh dan keibuan. Itu kesan pertama saya kepada Edys, begitu dia biasa...

‘Maremu’ Spesialis Gereja Berhasil Diciduk Tim Totosik dan Waruga

CahayaManado.com- Setelah sekian lama, pasca dilaporkan ke Polres Tomohon bahwa pencurian di tempat ibadah marak terjadi di Sulawesi Utara (Sulut) khususnya di Kota Tomohon,...

Cemarkan Nama Baik VB, Pemilik Akun Leddy Sangi Terancam Dibui

Tomohon,CM- Pemilihan Waki Kota dan Wakil Wali Kota Tomohon tahun 2020 sudah semakin dekat. Tensi sejumlah Pengguna akun di Media Sosial sudah semakin meninggi. Imbasnya,...

Terpilih Aklamasi, MJLW ‘Nakhodai’ Golkar Tomohon Periode 2020-2025

CahayaManado.com- Secara Aklamasi Miky Junita Linda Wenur (MJLW), terpilih sebagai Ketua Dewan Pimpinan Daerah (DPD) II Partai Golongan Karya (Golkar) Tomohon. Srikandi Kota Tomohon terpilih...