Beranda KPU Tomohon Lasut Menjawab Keluhan Pengawas Pemilu Tentang Formulir A-KWK

Lasut Menjawab Keluhan Pengawas Pemilu Tentang Formulir A-KWK

0
Lasut Menjawab Keluhan Pengawas Pemilu Tentang Formulir A-KWK
Dra Harryanto YS Lasut MAP (Foto Ist)

Tomohon,CM- Terkait informasi tentang Bawaslu Tomohon yang kesulitan untuk mengakses formulir A-KWK, di jawab oleh Ketua KPU Kota Tomohon, Dra Harryanto YS Lasut MAP.

Lasut menjelaskan, akses untuk data pemilih memang tertutup. Sebab, hanya digunakan oleh KPU. Tentunya dalam rangka menjalankan tahapan Pemilu, yakni proses pemutakhiran data pemilih.

“Akan tetapi, hal ini bukan untuk menghalang-halangi pengawasan terhadap proses tahapan itu sendiri. Data diri setiap individu yang punya hak pilih tidak boleh sembarang diumbar. Identitas pemilih wajib dilindungi. Memberikan perlindungan atas data pribadi pemilih pun menjadi tanggung jawab Komisi Pemilihan Umum (KPU).” aku Lasut.

Perihal formulir A-KWK ada aturannya. ” Kalau kita gegabah dan membocorkan data pribadi seseorang, bisa kena dengan hukum pidana,” tegas Lasut di Kantor KPU Tomohon.

Lasut mengakui, pihaknya sangat berhati-hati dalam memberikan intormasi soal data pemilih. KPU Tomohon pun berkomitmen untuk senantiasa melindungi data pribadi seseorang.

“DP4 (Daftar Penduduk Potensial Pemilih Pemilihan) kan dikeluarkan oleh Kementerian Dalam Negeri Republik Indonesia (RI) Selanjutnya, KPU RI menurunkan itu ke KPU Provinsi, kemudian ke KPU Kabupaten atau Kota,”
urai Lasut. (MiRa)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here