17.2 C
London
Kamis, Juli 29, 2021

KPU Tomohon Gelar Rekapitulasi Verfak Jumlah Dukungan Bapaslon ‘RoSe’

- Advertisement -
- Advertisement -

TOMOHON,CM- Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Tomohon menggelar Rapat Pleno Terbuka terkait Rekapitulasi Dukungan Bakal Pasangan Calon Perseorangan (Bapaslon) dalam Pemilihan Walikota dan Wakil Walikota Tomohon Tahun 2020, Senin (20/7).

Dalam rapat pleno tersebut, Hasil Verifikasi Faktual (Verfak) jumlah Bakal Pasangan Calon (Bapaslon) Perseorangan Robert Pelealu SH MH dan Franciskus Hermanus Angelo Soekirno yakni 4755 orang, dan dinyatakan telah memenuhi persyaratan.

“Berdasarkan rekapitulasi di tingkat kota, jumlah dukungan bakal pasangan calon yang memenuhi syarat (MS) ada pada angka 4755 orang. Jumlah kekurangan dukungan, yakni 2342 orang,” ungkap Ketua KPU Tomohon, Drs Harryanto YS Lasut MAP saat mengumumkan hasil rekapitulasi dalam rapat pleno ini.

Lanjutnya, jumlah dukungan MS itu, ternyata belum mencapai syarat minimum sesuai Peraturan KPU (PKPU), yakni 7097 orang. Terkait hal ini, Bapaslon Walikota/Wakil Walikota Tomohon, Robert PA Pelealu SH dan Fransiscus HA Soekirno (RoSe) diwajibkan untuk memperbaiki jumlah dukungan. Kemudian, itu wajib diserahkan ke KPU pada masa perbaikan.

“Bakal calon perseorangan wajib menyerahkan syarat dukungan dengan keterangan, dua kali lipat dari jumlah kekurangan (2342) yakni, 4684 dukungan,” ketus Lasut.

Untuk persebaran dukungan kata dia, Bapaslon RoSe MS. Sebab, telah tersebar di 5 kecamatan se-Kota Tomohon. Sedangkan syarat persebaran dukungan minimal 50 persen dari semua kecamatan. Lasut pun menyatakan bahwa, hasil rapat pleno rekapitulasi itu adalah sah. Apalagi telah dihadiri oleh pimpinan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kota Tomohon, yakni Kordinator Divisi Humas dan Hubal, Irvan M Dokal dan Kordinator Divisi HP3S, Steven Linu.

“Berita acara rapat pleno rekapitulasi ada empat rangkap dan ditandatangani masing-masing, Ketua dan Anggota KPU Kota Tomohon bersama LO Bapaslon. Berita acara ini akan diserahkan, satu rangkap ke Bapaslon Perseorangan untuk perbaikan. Satu rangkap untuk Bawaslu kota. Satu rangkap untuk arsip KPU kota. Terakhir, satu rangkap untuk KPU Provinsi,” jelas Lasut. (MiRa)

- Advertisement -

Latest news

- Advertisement -

Related news

- Advertisement -

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here