12.5 C
London
Selasa, Juni 22, 2021

Wujudkan Pilkada Tomohon Bekualitas, Bawaslu Siap Kawal Netralitas ASN

- Advertisement -
- Advertisement -

TOMOHON, CM- Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) dan Pemerintah Kota (Pemkot) Tomohon, menandatangani perjanjian kerjasama pencegahan pelanggaran netralitas Aparatur Sipil Negara (ASN), Kamis (16/7).

Ketua Bawaslu Tomohon, Deisy Soputan SPd MHum, yang didampingi oleh Koordinator Divisi Hubungan Masyarakat dan Hubungan Antar Lembaga Bawaslu Tomohon Irvan Dokal, Kordiv Hukum Penanganan Pelanggaran dan Penyelesaian Sengketa, Steffen Linu SS MAP, usai penandatanganan tersebut menyatakan sangat siap dan antusias mengawal proses demokrasi di Kota sejuk yang terletak di bawah gunung Lokon ini.

Kepada wartawan media ini, pada kesempatan tersebut Ketua Bawaslu Deisy Soputan SPd MHum menyampaikan, proses tahapan Pilkada di Kota Religi tahapanya sementara bergulir. Dengan mengamati perjalanan demokrasi di Kota Tomohon maka pihaknya terus berkomitmen untuk menjaga proses pemilihan berjalan baik. Antara lain berupaya menjaga dan mengawasi netralitas ASN. “ASN harus menjaga tegaknya tongkat demokrasi di Kota Tomohon. Sebab itu, lewat penandatanganan kerja sama ini, kami berharap, ASN selalu mengedepankan netralitasnya dalam Pilkada ini,” ujar Soputan yang juga sebagai Kordiv Sumber Daya Manusia Bawaslu Kota Tomohon.

Sementara, Koordinator Divisi Hubungan Masyarakat dan Hubungan Antar Lembaga Bawaslu Tomohon, Irvan Dokal menjelaskan, kegiatan ini merupakan bagian dari strategi pengawasan. Tujuannya, mengantisipasi kerawanan dalam pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Tahun 2020 yang sudah dipetakan Bawaslu Republik Indonesia. Selain itu, terobosan ini juga demi memastikan terciptanya Pilkada yang berkualitas.

“Ini langkah antisipatif yang bertujuan edukatif terhadap potensi pelanggaran ASN dalam Pilkada di Kota Tomohon. Pun, ini sebagai proses tindak lanjut atas kemungkinan adanya rekomendasi Bawaslu maupun Komisi ASN. Kerja sama ini juga untuk mengefisiensi pengawasan berdasarkan kewenangan masing-masing lembaga,” ungkap Dokal

Pihaknya mengapresiasi komitmen JFE, yang menjaga integritas ASN menghadapi kontestasi politik di Pilkada, Gubernur/Wakil Gubernur Sulawesi Utara (Sulut) dan Walikota/Wakil Walikota Tomohon 2020. “Apalagi, Walikota Tomohon menjadi pejabat pembina kepegawaian pertama di Sulut yang berani menandatangani perjanjian kerjasama dengan Bawaslu untuk mengawal netralitas ASN,” sebut Dokal.

Kordiv Hukum Penanganan Pelanggaran dan Penyelesaian Sengketa, Steffen Linu menyebutkan, kerjasama Bawaslu Tomohon dan Pemkot itu, masih dalam konteks pencegahan. Utamanya, terjadinya tindakan yang mengarah pada ketidaknetralan ASN di Pilkada 2020. Bawaslu Kota Tomohon mencoba membuat terobosan, mendatangi ASN secara tak langsung di tempat kerja mereka. Caranya, memasang media sosialisasi dari Bawaslu Tomohon yang berisi larangan dan sanksi netralitas ASN. Lokasinya dipastikan berada di tempat-tempat strategis milik Pemkot Tomohon yang sering diakses ASN. Contohnya, di ruang lobby seluruh Kantor Dinas, Kantor Kecamatan, dan Kantor Kelurahan.

“Lewat cara ini kami berharap, ASN kian memahami bahwa ada aturan yang mengatur dan membatasi mereka pada Peemilu Tahun 2020. Jadi, tidak ada lagi alasan, ASN di Kota Tomohon tak mengetahui tentang larangan dan sanksi dimaksud. Bila ternyata ada pelanggaran, Bawaslu akan memproses laporan atau temuan terkait netralitas ASN,” tegas Linu.

Hadir dalam penandatanganan ini diantaranya Sekretariat Daerah Kota Tomohon, Ketua Bawaslu Provinsi Sulut, Herwyn JH Malonda SH MPd, Sekretaris Kota Tomohon, Ir Harold Lolowang MSc, Asisten 1, Toar Pandeiroth, Kepala BPKPD, Gerardus Mogi dan Kepala, Josias Makalow. Turut hadir, Kordinator Sekretariat Bawaslu Tomohon, Vernon Mamuaja S.sos bersama jajarannya.

Perlu diketahui proses penandatanganan ini telah menerapkan standar protokol kesehatan Covid-19. (MiRa)

- Advertisement -

Latest news

- Advertisement -

Related news

- Advertisement -

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here