16.7 C
London
Jumat, Juni 18, 2021

Bupati CEP Antarkan Minsel Raih Peringkat Pertama Tindak Lanjut LHP BPK RI

- Advertisement -
- Advertisement -

MINSEL, CAHAYAMANADO – Tangan dingin Bupati Christiany Eugenia Paruntu (CEP) dalam memimpin Kabupaten Minahasa Selatan kembali membuahkan prestasi.

Hal ini terbukti dengan Kabupaten Minsel menjadi daerah yang paling patuh menindaklanjuti rekomendasi atas Laporan Hasil Pemeriksaan (LHP) Badan Pemeriksa Keuangan (BPK RI) se-Provinsi Sulawesi Utara.

Minsel menempati rangking pertama daerah yang melakukan tindaklanjut rekomendasi BPK RI atas Laporan Hasil Pemeriksaan (LHP) BPK RI Perwakilan Sulawesi Utara dengan persentasi tindaklanjut mencapai 76,67 persen.

Itu disampaikan oleh Ketua BPK-RI perwakilan Sulut, Karyadi SE, MM dalam konfrensi pers.

“Pemkab Minsel menempati rangking pertama daerah yang melakukan tindaklanjut rekomendasi BPK RI atas LHP BPK RI Perwakilan Sulut tahun 2019 dengan persentasi tindaklanjut capai 76,67 persen dari 15 Kabupaten kota yang ada di Sulut,” jelas Karyadi.

Menurutnya pemerintah daerah diberi waktu 60 hari untuk menyiapkan action plan atau rencana kerja, untuk menindaklanjuti rekomendasi-rekomendasi yang diberikan oleh BPK.

“Setelah batas waktu tersebut ternyata Minsel berhasil mendapatkan rangking pertama paling patuh. Menyelesiakan 30 rekomendasi dalam durasi waktu 60 hari,” tutur Karyadi.

Dia sendiri memberi apresiasi yang luar biasa atas capain-capaian yang ditunjukkan pemerintah daerah dalam pengelolaan keuangan secara tertib administrasi. Termasuk patuh menindaklanjuti berbagai rekomendasi.

Sementara itu Kepala Inspektorat Minsel melalui Sekretaris Brando Tampemawa mengatakan, raihan ini merupakan bentuk komitmen Pemerintah Kabupaten Minsel untuk melakukan perbaikan manajemen administrasi keuangan daerah.

“Tanggung jawab ini adalah komitmen seluruh penyelanggara pemerintahan daerah. Dan pencapaian itu bagian dari political will Bupati didukung komitmen seluruh pemangku kepentingan,” kata Tampemawa.

“Merupakan visi dan keinginan Bupati CEP untuk menyelenggarakan pemerintahan yang baik, bersih dan akuntabel. Terutama perbaikan pelayanan dan pengelolaan keuangan,” ungkap dia.

Sebelumnya Pemerintah Kabupaten Minsel yang dinahkodai Bupati CEO mampu mempertahankan Opini Wajar Pengecualian (WTP) atas hasil pemeriksaan (LHP) dan laporan keuangan pemerintah daerah (LKPD) dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) RI Perwakilan Sulut empat kali berturut-turut.

 

(Vimara)

- Advertisement -

Latest news

- Advertisement -

Related news

- Advertisement -

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here