17.7 C
London
Selasa, Oktober 19, 2021

Bersama Kemendagri RI, Pemkot Tomohon Sosialisasikan SIPD ke Jajarannya

- Advertisement -
- Advertisement -

Tomohon,CM- Melalui Video Conference (VidCon), Walikota Tomohon Jimmy Feidie Eman, SE.Ak CA, mengikuti kegiatan sosialisasi Sistem Informasi Pemerintahan Daerah (SIPD), yang digelar serentak oleh Pemerintah pusat melalui Kementerian Dalam Negeri Republik Indonesia (Kemendagri RI), Rabu (8 Juli 2020).

Kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka percepatan implementasi SIPD sebagaimana telah diatur dalam Permendagri nomor 70 tahun 2019.

Walikota Tomohon mengikuti VidCon dari tempat kerja di kediaman serta di pandu dari Command Center oleh Sekretaris Daerah Kota Tomohon Ir. Harold V. Lolowang, M.Sc. Sedangkan pembawa materi yaitu Kepala Pusat Data dan Informasi Kemendagri Bapak Asmawa Tosepu, AP., M.Si. Dengan materi Integrasi Perencanaan dan Pengganggaran Dalam Pembangunan Daerah.

Asmawa Tosepu, AP., M.Si menjelaskan ada beberapa ketentuan yang harus ditindaklanjuti oleh daerah, antara lain:

1. Melakukan langkah-langkah percepatan melalui integrasi proses peryusunan perencanaan pembangunan daerah, dan pengelolaan keuangan daerah, Laporan Penyelenggaraan Pemerintahan Daerah (LPPD), Evaluasi Penyelenggaraan Pemerintahan Daerah (EPPD), dan pengawasan penyelenggaraan pemerintahan daerah, pada satu platform sistem informasi pemerintahan daerah.

2. Menetapkan bahwa platform digunakan adalah SIPD yang diakses melalui situs jaringan resmi Kementerian Dalam Negeri yaitu: https://sipd.kemendagri.go.id

Sementara Walikota Tomohon mengungkapkan, “Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 70 Tahun 2019 tentang Sistem Informasi Pemerintahan Daerah mengatur bahwa Sistem Informasi Pemerintahan daerah dibagi atas 3, yaitu : Informasi Pembangunan Daerah (Si Bangda) e-planning, Informasi Keuangan Daerah (Si Keuda) e-budgeting, dan Informasi Pemerintahan Daerah lainnya.” kata Eman.

Kegiatan ini juga diikuti oleh Para Kepala Perangkat Daerah, Para Camat, Para Lurah dan Para Operator Sistem Informasi Pemerintah Daerah melalui VidCon. (MiRa)

- Advertisement -

Latest news

- Advertisement -

Related news

- Advertisement -

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here