19.6 C
London
Jumat, September 17, 2021

Nilai Masih Ada Warga Yang Layak Menerima, Bupati CEP Minta Pemdes Ongkaw Tiga Lakukan Penambahan Penerima BLT DD

- Advertisement -
- Advertisement -

MINSEL, CAHAYAMANADO – Bupati Minahasa Selatan Christiany Eugenia Paruntu (CEP) menunjukkan kepedulian terhadap keluarga yang layak menerima manfaat Bantuan Langsung Tunai Dana Desa (BLT DD) tetapi belum terakomodir.

Dimana setelah melakukan peninjauan penerima BLT DD di Desa Ongkaw Tiga, Bupati CEP menilai masih ada warga yang layak untuk menerima tetapi belum terdata.

Sehingga Bupati meminta kepada Pemerintah Desa (Pemdes) Ongkaw Tiga untuk melakukan penambahan keluarga penerima manfaat BLT DD.

Hal itu dirasa perlu setelah Bupati CEP turun langsung dan keluar masuk gang untuk melihat keadaan warga di Desa Ongkaw Tiga dan mendapati masih ada yang beberapa keluarga yang layak untuk menerima BLT DD.

“Kami sudah laporkan kepada Bupati terkait penambahan BLT DD dan syukur alhamdulilah Bupati sudah menyetujui penambahan penerima BLT berdasarkan data dari relawan, dan kemungkinan akan melebihi dari kuota 25 persen sehingga masyarakat yang sudah terdata akan secepatnya kami realisasikan BLT DD,” ungkap Pejabat Hukum Tua Ongkaw Tiga yang juga Sekcam Sinonsayang ini, Rabu (10/6).

Penambahan ini berdasarkan Peraturan Menteri Desa Nomor 06 tahun 2020 dimana Desa dapat menganggarkan BLT DD melebihi kuota setelah mendapatkan persetujuan Pemerintah Kabupaten.

Anggaran BLT Dana Desa dirasa bisa ditambah jika jumlah penduduk miskin bertambah akibat pandemi virus corona (Covid-19).

Hal ini juga sejalan dengan penjelasan Menteri Desa bahwa pemberian BLT DD meskipun ada ketentuan maksimalnya bukan berarti tidak bisa dikembangkan. Diketahui maksimal pengalokasiannya menurut aturan 35 persen, masih bisa dinaikkan lagi atau diperluas.

Namun, penambahan anggaran BLT DD tak bisa otomatis teralokasikan. Karena, harus mendapat persetujuan dari Pemerintah Kabupaten dalam hal ini Bupati. Sekaligus disertai dengan keakuratan data calon penerima BLT yang ditambahkan.

Sementara itu Bupati CEP juga berpesan agar Pemerintah Desa dan BPD lebih peka dalam melakukan musdes khususnya terhadap masyarakat yang layak bantuan.

“Saya minta kepada Pemeritah Desa dan BPD harus lebih peka dalan melakukan musdes terhadap masyarakat yang layak menerima bantuan,” ungkap Bupati.

Kedatangan Bupati CEP ke Kantor Hukum Tua Ongkaw Tiga diterima langsung oleh Hukum Tua Evan Tumanken, Ketua BPD Refli Lepa dan sejumlah perangkat serta relawan desa.

Kunjungan Bupati ini didampingi camat Sinonsayang Jhon Laoh, SIP  M.Si dan Kabag Humpro Ysis Mangindaan, SSTP, disambut antusias warga setempat.

(Vimara)

- Advertisement -

Latest news

- Advertisement -

Related news

- Advertisement -

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here