16.7 C
London
Jumat, Juni 18, 2021

Koleksi Satu Kasus Positif Covid-19, Bupati Minta Warga Minsel Tidak Panik dan Tetap Ikuti Himbauan Pemerintah

- Advertisement -
- Advertisement -

MINSEL, CAHAYAMANADO.COM – Bupati Minahasa Selatan Christiany Eugenia Paruntu (CEP) meminta warga Minsel untuk tidak panik dan tetap ikuti himbauan pemerintah terkait Physhical Distancing dan Social Distancing.

Hal ini dikatakan Bupati setelah salah satu warga Minsel terkonfirmasi positif Covid-19.

“Saya meminta kepada seluruh masyarakat Minsel untuk tidak panik, atau bahkan takut berlebihan. Tetap selalu waspada,” kata Bupati CEP, Rabu (13/5).

Tak hanya itu saja, Bupati juga meminta masyarakat senantiasa menjalankan PHBS (Perilaku Hidup Bersih dan Sehat) meliputi mencuci tangan dengan sabun sesering mungkin, makan makanan sehat dan bergizi, olahraga, dan istirahat yang cukup.

“Untuk memutus mata rantai penyebaran virus ini saya harapkan masyarakat tetap ikuti himbauan pemerintah. Kita wajib untuk melaksanakan social and physical distancing (jaga jarak dan menghindari keramaian), memakai masker serta apabila tidak urusan yang sangat penting lebih baik berdiam diri di rumah,” pinta Bupati.

Dia menambahkan bahwa, semoga kasus ini menjadi yang pertama dan terakhir di Kabupaten Minsel.

Sementara itu juru bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Minsel Erwin Schouten menjelaskan terkait kasus positif pertama ini.

“Seorang laki-laki, berumur 46 tahun, tidak memiliki riwayat perjalanan luar daerah maupun transmisi lokal, pekerjaan petani dan sudah ditetapkan sebagai Pasien Dalam Pengawasan (PDP) yang dirawat di salah satu RS swasta di Tomohon,” ungkap Scouthen.

“Pemeriksaan pertama yang bersangkutan negatif. Setelah periksaan kedua melalui pemeriksaan swab dengan metode real-time Reverse Transcriptase- Polimerase Chain Reaction (rRT-PCR) mendapatkan hasil hari ini dan dinyatakan positif Covid-19,” ujar Scouthen yang juga adalah Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Minsel ini.

“Jadi warga tidak perlu khwatir. Karena sebelum ditetapkan sebagai pasien positif, yang bersangkutan sudah diisolasi di rumah sakit Bethesda Tomohon sebagai PDP. Saat ini pasien tersebut berada di RS Prof Kandou,” terangnya.

Dengan adanya 1 kasus terkonfirmasi positif ini Dinas Kesehatan akan menindak lanjuti dengan melakukan penyelidikan epidemiologi, tracking dan pemeriksaan swab pada yang kontak erat resiko tinggi.

 

(Vimara)

- Advertisement -

Latest news

- Advertisement -

Related news

- Advertisement -

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here