16.3 C
London
Senin, Juli 26, 2021

Kucurkan 1 Miliar, Pemkot Tomohon Siapkan Lahan TPK Covid-19

- Advertisement -
- Advertisement -

Tomohon,CM- Virus Corona memakan korban, dari data nasional sudah ratusan warga yang terbagi di 34 Provinsi telah meninggal dunia, baik itu dari masyarakat umum sampai tenaga medis.

Protokoler Pemakaman pasien yang telah meninggal baik itu yang berstatus PDP (Pasien Dalam Pemantauan) atau pun terkonfirmasi Positif Covid-19 mengikuti Protap Covid-19, sesuai edaran Organisasi Kesehatan Dunia (WHO).

Dari protap pemakaman Covid-19 ini, penolakan pemakaman jenasah dari elemen masyarakat sudah terjadi diberbagai daerah di Indonesia, tetapi ada juga yang menerimanya.

Melihat hal itu, salah satu daerah Kabupaten/kota di Indonesia adalah Kota Tomohon sudah mengantisipasinya dengan menyediakan TPK (Tempat Pemakaman Khusus) Covid-19.

Hal ini diungkapkan oleh Walikota Tomohon Jimmy Feidie Eman SE Ak CA yang diwakili oleh Kepala Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman (Perkim) Hengkie Y Supit, SIP menjelaskan, pihaknya akan menyiapkan Lahan untuk Pemakaman.

“Anggaran Lahan ini memang sudah tertata dalam di Disperkim tahun 2020, kami tinggal mengubah fungsi yang awalnya memang untuk Lahan TPU (Tempat Pemakaman Umum) kita akan fungsikan dulu untuk TPK (Tempat Pemakaman Khusus Covid-19) Lokasi sesuai perencanaan awal ada di Kec. Tomohon Barat atau Tomohon Selatan, Prosesnya tentu kami akan menyiapkan Tim untuk menentukan harga Tanah tersebut.” bebernya Supit kepada sejumlah awak media, Senin 4 Mei 2020.

Lanjutnya, dukungan untuk penanganan Covid-19 di Kota Tomohon memang menurut Walikota harus serius dan memperhatikan aturan yang ada sehingga sesuai dengan Surat Gubernur Sulut agar daerah membantu dan mendukung dari semua lini termasuk penyiapan Lahan Pemakaman Covid-19 langsung di respon oleh Kota Tomohon.

“Kami tinggal menunggu proses pergeseran anggaran dan besaran anggaran yang akan dialokasikan untuk TPK Covid-19 ini kurang lebih 1 Miliar. Semoga minggu depan akan langsung bergerak untuk penyiapan TPK Covid-19 di Kota Tomohon.” (Micky)

- Advertisement -

Latest news

- Advertisement -

Related news

- Advertisement -

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here