16.3 C
London
Senin, Juli 26, 2021

Pertama di Sulut, Dinas PMD Minsel Vicon Dengan Hukum Tua dan Camat Terkait BLT

- Advertisement -
- Advertisement -

MINSEL, CahayManado.com –┬áDi tengah pandemi Covid-19, berbagai bantuan baik dari pemerintah maupun anggaran dari Dana Desa terus diproses.

Pemerintah mengucurkan berbagai stimulus untuk mengatasi dampak ekonomi yang ditimbulkan. Salah satu stimulus itu adalah Bantuan Langsung Tunai.

Untuk menghindari simpang siurnya tatacara pemberian bantuan, maka Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) Minsel berinisiatif untuk melakukan sosialisasi memanfaatkan aplikasi Video Conference (Vicon), Senin (20 April 2020).

Adapun narasumber pada kesempatan tersebut antara lain Kadis PMD Hendrie Lumapow, SH, M.Si, kepala Bapelitbang, Tertius Ulaan, ST, MM, dan Kadis Infokom selaku Jubir Covid19 Roy Mandey, SH.

“Kami melakukan Video Conference (Vicon) dengan para Kepala Organisasi Perangkat Desa (OPD) terkait bersama seluruh Hukum Tua dan Camat membahas tatacara pemberian bantuan agar supaya tidak terjadi simpang siur,” ungkap Sekretaris Dinas PMD Altin Sualang SSTP, MPA.

 

“Kami perlu mengambil langkah dalam menyikapi kebijakan ini terkait distribusi bantuan kepada masyarakat di desa-desa,” kata Sualang.

 

Adapun beberapa kesimpulan seperti yang di tuturkan Sekdis PMD Altin Sualang SSTP, MPA pada akhir Vicon, yakni :

1. Hukum tua harus menggunakan data yang mampu dipertanggungjawabkan pada saat menyalurkan bantuan baik bantuan pemerintah maupun Dana Desa.

2. Penganggaran BLT Dana Desa  merupakan filter akhir dari sumber data keluarga miskin yang tidak tercover dari bantuan pemerintah.

3. Penganggaran BLT dari Dana Desa diawali dengan pendataan dari relawan desa, berdasarkan Permendes 06 tahun 2020 dan diputuskan melalui musyawarah desa khusus Covid-19.

4. Padat Karya Tunai Dana Desa merupakan salah satu alternatif yang bijak untuk menangani permasalahan masyarakat ditengah-tengah wabah Covid-19.

5. Hukum Tua bertanggung jawab terkait penggunaan anganggaran yang bersumber APBDES yang digunakan untuk Covid-19.

 

(Vimara)

- Advertisement -

Latest news

- Advertisement -

Related news

- Advertisement -

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here